FAD Raih Juara I SOTY 2016
Senin, 20 Juni 2016 | 10:48 WIB

DSC_0645Setelah melalu tahap yang panjang dalam penyeleksian yang dimulai dari penyisihan di tingkat fakultas yang berhasil menjaring 12 peserta sebagai perwakilannya, selanjutnya terdapat tahap karantina dan pada akhirnya tibalah dalam sesi final dalam acara Student Of The Year (SOTY) 2016. Kegiatan yang bertujuan untuk mencari role model mahasiswa ideal andalan Unika Soegijapranata ini dilaksanakan bertempat di ruang theater gedung Thomas Aquinas pada hari Rabu (15/6).

7 peserta yang lolos dalam tahap karantina yaitu Indriani Lazuardi dan Bagus Ariyanto dari Fakultas Teknologi Pangan (FTP), Wanda Paramartha dan Basilius Oda dari Fakultas Psikologi, Devina Christine dan Nadya Natalia dari Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), serta Winson Christian dari Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) diminta untuk mempresentasikan papernya kepada dewan juri dalam Uji Publik. Adapun Juri dalam Uji Publik ini adalah Rektor Unika Soegijapranata, Prof. Dr. Ir. Y Budi Widianarko, M.Sc, Wakil Rektor I, Dr. Augustina Sulastri dan Dr. Rudyanto Soesilo.

Dalam Uji Publik ini peserta ditantang untuk mempresentasikan papernya dalam bahasa inggris dan memberikan penjelasan yang singkat dan dapat dipahami dalam setiap slidenya. Sebelumnya, paper tersebut sudah diujikan pada tahap 2, yakni pada tahap karantina dan mendapat perbaikan-perbaikan dari dewan juri karantina.

Menurut Ketua Panitia SOTY, Dea N. Hendryanti S. TP mengatakan bahwa dalam sesi Uji Publik ini, peserta diberikan waktu 10 menit untuk memaparkan hasil karya tulisnya,“Peserta diberikan alokasi waktu 10 menit untuk menyampaikan papernya kepada 3 dewan juri, dan dewan juri akan memberikan pertanyaan seputar paper peserta dengan durasi 15 menit serta untuk penonton diberikan alokasi waktu 5 menit untuk bertanya kepada peserta,” ungkapnya.

SUPPORTER FAKULTAS

Yang menarik dari kegiatan Uji Publik tak hanya mengenai presentasi dari peserta saja, namun juga adanya supporter dari masing-masing fakultas yang menjagokan perwakilannya dalam SOTY 2016. Sebelum peserta memulai presentasi, para supporter ini diberikan waktu 3 menit untuk mengekspresikan dan menyanyikan yel-yelnya sebagai dukungan bagi peserta SOTY yang mewakilinya.

“Kami juga memberikan supporter bagi para peserta untuk menaikkan mentalnya agar siap, mereka perlu untuk didukung, khususnya dari teman-teman satu fakultasnya agar membangkitkan semangat pada setiap peserta SOTY. Dan kami juga mengadakan kejuaraan antar fakultas dalam menyanyikan yel-yelnya dengan catatan tidak melebihi batas waktu yang ditentukan, karena jika melebihi batas waktu yang ditentukan akan mengurangi penilaian untuk supporter tersebut, ” jelas Dea.

Sebagai hasil akhir ajang SOTY 2016, terpilihlah Juara I SOTY tahun 2016 yang diraih oleh Winson Christian dari FAD, kemudian Juara kedua diraih oleh Indriani Lazuardi serta juara ketiga berhasil diraih oleh Wanda Paramarta. Selain itu, ketiga juara ini berhak untuk mewakili Unika Soegijapranata untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di luar kampus Unika Soegijapranata seperti mengikuti kegiatan Student Camp pada ajang Association of Southeast and East Asian Catholic Colleges and Universities  (ASEACCU) dan Association of Christian Universities and Colleges in Asia (ACUCA).

Sekaligus diumumkan juga sebagai supporter terbaik, yang diraih oleh supporter dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP). (Ign)

Kategori: ,