Asah Kepedulian, Mahasiswa Bina UMKM
Rabu, 15 Juni 2016 | 8:58 WIB
SM 15_06_2016 Asah Kepedulian, Mahasiswa Bina UMKM

PENANDATANGANAN MOU: Dirut Bank Jateng Supriyatno menandatangani MoU disaksikan Gubernur Ganjar Pranowo dan Rektor Unika Soegijapranata Prof Y Budi Widianarko.

Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, Selasa (14/6), menyelenggarakan kegiatan pameran produk UMKM sebagai mitra kerja mahasiswa dalam kegiatan Kuliah Kerja Usaha (KKU), baik kuliner maupun produk hasil kerajinan tangan produktif lain. Pameran dibuka Gubernur Ganjar Pranowo. Turut dihadiri Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Dirut Bank Jateng Supriyatno. Gubernur mendukung kegiatan tersebut.

Bagi dia, program KKU sebagai bentuk peduli, berbagi dan empati kepada rakyat melalui pengembangan kemitraan UMKM. Selain itu juga menjadi bagian dari partisipasi konkret untuk program penanggulangan kemiskinan. ”Ini perlu terus kita dorong. Inisiasi seperti ini kalau perlu kita bantu fasilitasi skim kredit via Bank Jateng dengan Kredit Mitra02 dan Mitra25 agar makin berkembang dan mandiri,” Imbuh Gubernur.

Jadi Laboratorium

Kegiatan pameran hasil KKU ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan kemitraan usaha UMKM yg difasilitasi para mahasiswa semester VI untuk membantu pengelolaan, diversifikasi maupun pemasaran.

Harapan dari kegiatan itu agar UMKM dapat tumbuh dan berkembang untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan. Bahkan kegiatan KKU ini bisa menjadi laboratorium mahasiswa untuk membuka usaha baru dan kerja sama dengan para UMKM yang dibina.

UMKM yang difasilitasi sebanyak 100 UMKM di Kota Semarang dengan basis modal sekitar Rp 500 ribu ssampai Rp 2 juta dengan rata-rata keuntungan setiap hari Rp 50 ribu-Rp 100 ribu. Namun memiliki semangat usaha dan keahlian sesuai bidangnya untuk meningkatkan pendapatan.

Dalam kesempatan tersebut, turut ditandangani MoU antara Pemprov Jateng dengan Unika dan Bank Jateng untuk terus mengembangkan kegiatan kemitraan dengan UMKM secara lebih terstrukur dan sistemik.

Tautan : http://berita.suaramerdeka.com

SM 15_06_2016 Asah Kepedulian, Mahasiswa Bina UMKM2

Kategori: ,