Unika Siap Gelar Lomba Robot Line Follower
Jumat, 13 Mei 2016 | 7:23 WIB

ROBOT LINE FOLLOWER: Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, siap menggelar lomba robot line follower pada 18 Mei mendatang. SEMARANG – Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, Semarang akan menggelar lomba robotik pada 18 Mei mendatang. Lomba ini adalah lomba ketujuh yang diselenggarakan pihak Prodi Elektro Fakultas Teknik dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir, dengan tajuk Robo Vaganza 2016.

Ketua pelaksana lomba, Felix Yustian Setiono mengatakan, lomba ini merupakan salah satu usaha untuk mengembangkan kegiatan ilmiah dan non ilmiah terutama di bidang robitik-mekatronik. ”Sebelumnya kami telah melakukan pelatihan ke tingkat SMA maupunn SMK, lomba robot ini khusus untuk kelas robot line follower programmable,” katanya, kemarin.

Selain lomba juga diadakan coaching clinic tentang robot yang dapat menarik minat generasi muda untuk mencoba membuat robot sendiri. ”Kami juga ingin memfasilitasi pencinta robotik-mekatronik untuk berpikir kreatif dalam membuat robot,” ujarnya.

Robot line follower sendiri, telah berbasis digital dan dibagi menjadi dua jenis yakni analog dan full digital. Robot jenis ini cukup sederhana karena berjalan dengan program dan sensor untuk mengikuti track atau garis. Dalam perkembangannya, robot jenis ini bisa digunakan untuk membantu kinerja manusia misalnya sebagai robot pemadam kebakaran. ”Kalau disempurnakan lagi bisa menjadi robot pemadam, penjinak bom dan masih banyak lagi,” tuturnya.

Sementara itu, tim teknis lomba Johanes Christo menambahkan, perlombaan dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas big dan small. Untuk kelas big, hanya boleh diikuti oleh pelajar SMA ataupun universitas. Sementara kelas small diikuti oleh anak-anak SD dan SMP. ”Perkembangan robot di Kota Semarang sekarang cukup bagus dan berkembang pesat. Bahkan saat ini anak-anak SD pun sudah mulai belajar membuat robot,” tukasnya.

Tautan : http://www.radarsemarang.com

Kategori: