Teknik Elektro Unika Soegijapranata Gelar Robo Vaganza 2016
Kamis, 12 Mei 2016 | 8:44 WIB

robo(Suaramerdeka) – SEMARANG, Sebagai bagian peran aktif untuk mengembangkan dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan ilmiah dan non ilmiah melalui kegiatan mahasiswa, Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Unika Soegijapdanata menggelar Robo -Vaganza 2016.

Ketua Pelaksana Robo -Vaganza Felix Yustian Setiono menyatakan, kegiatan ini rutin diadakan dan merupakan satu rangkaian kegiatan yang diawali dari pelatihan robotika di SMA atau SMK.

“Puncaknya diadakan lomba robot line follower programmable yang dibagi dua kelas yaitu BIG dan SMALL. Kelas SMALL untuk siswa sekolah dasar dan menengah pertama sedangkan BIG untuk Sekolah Menengah Atas, Kejuruan, Perguruan Tinggi dan Umum,” kata Felix di Unika Soegijapranata, Rabu (11/5).

Kegiatan ini merupakan yang ketujuh kalinya sejak pertama digelar dari 2010. Juara bertahan kejuaraan ini adalah SMK Negeri 3 Yogyakarta. Lomba robot line follower pada tahun ini, lanjutnya, berbasis digital dan panitia tidak lagi meminjami robot bagi peserta.

“Itu yang membedakan dengan tahun-tahun sebelumnya, panitia tidak meminjami robot untuk berlomba. Kebijakan ini hasil masukan dari para peserta,” tambah pria yang menargetkan 30 tim bisa mengikuti ajang kali ini.

Lomba robot line follower programmable ini merupakan lomba adu cepat antar robot. Caranya, dua robot diadu melewati lintasan yang sudah ditetapkan. Paling cepat atau mana yang menyentuh lebih dulu garis batas akhir lintasan.

Selain lomba robot, Robo-Vaganza 2016 juga melaksanakan coaching clinic, best design line follower dan lomba design logo HMJTE. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung menghubungi panitia di Tata Usaha Program Akademik Robotik – Mekatronik Gedung Yustinus lantai 1 Unika Soegijapranata.

Tautan : http://berita.suaramerdeka.com

Kategori: