Teknik Elektro Unika Adakan Kompetisi Robot
Jumat, 20 Mei 2016 | 8:47 WIB

Robovaganza 2016Dalam rangka mempromosikan produk teknik elektro dan robot mekatronik, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro(HMJTE) mengadakan acara ROBOVAGANZA 2016 yang bertempat di Selasar Gedung Thomas Aquinas pada Rabu, 18 Mei 2016.

Acara ini sendiri berperan sebagai fasilitator para pecinta robotik untuk mengembangkan minatnya dan memberi kesempatan kepada pecinta robot agar dapat berpikir kreatif dengan ilmu dan terapan dalam bentuk Digital Line Followers Competition dan Design Competition Logo HMJTE.

Dalam acara kompetisi ini dikategorikan menjadi 2 yaitu kategori Small dan Big. Untuk kategori Small terdiri oleh para siswa sekolah dasar sampai siswa menengah pertama, sedangkan pada kategori Big terdiri dari siswa menengah atas, menengah kejuruan, mahasiswa dan umum. Peserta yang akan mengikuti kompetisi harus membentuk tim dan masing-masing tim terdiri dari 2 orang.

Dalam Digital Line Followers Competition atau sebutan lainnya robot race, kompetisi dilaksanakan oleh 2 peserta yang memacu robot digital pada lintasan masing-masing secara bersebelahan. Mekanismenya, para peserta telah menyiapkan robotnya sebelum hari lomba dan saat hari lomba para peserta hanya mencoba dan membenahi kembali robotnya apabila ada masalah.

Pemenang robot race adalah tim yang telah memenangkan robot race 2 kali berturut-turut, artinya apabila dalam suatu robot race terjadi seri maka race akan di rolling sampai ada peserta yang berhasil memenagkan 2 kali race. Indikator penilaian robot tidak hanya berdasar kecepatan di arena race tetapi juga berdasar pada keindahan modifikasi tiap robot.

Pada ajang robot race, para peserta tidak hanya difasilitasi lintasan track, para peserta juga difasilitasi pit stop yang berfungsi untuk memperbaiki robot apabila ada kerusakan. Di samping itu pihak panitia juga menyediakan tempat bagi para pembimbing peserta di dekat arena lomba agar dapat mendampingi peserta sepanjang lomba.

Kegiatan kompetisi lainnya adalah Design Competition Logo, yaitu even lomda untuk mendesain ulang logo Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro (HMJTE) untuk menggantikan logo HMJTE yang lama.(Cal)

Kategori: ,