Robo-Vaganza 2016 Cara Unika Soegijapranata Adu Robot
Jumat, 13 Mei 2016 | 7:45 WIB


Robo-Vaganza 2016
kembali digelar Unika Soegijapranata untuk mengadu robot-robot line follower.


Semarangpost 13_05_2016 Robo-Vaganza 2016 Cara Unika Soegijapranata Adu RobotSEMARANG —
Universitas Katolik Soegijapranata Semarang untuk kali ketujuh menggelar Robo-Vaganza 2016, Rabu (18/5/2016) mendatang. Kegiatan itu digelar sebagai ajang berkreasi para peminat robotika untuk mempertunjukkan keandalan robot-robot line follower mereka.

“Sudah ketujuh kalinya kami menggelar lomba robot line follower Robo-Vaganza. Ini merupakan even tahunan,” tegas Ketua Pelaksana Robo-Vaganza Unika Soegijapranata, Felix Yustian S., di Semarang, Rabu (11/5/2016).

Ajang Robo-Vaganza 2016, kata dia, diisi serangkaian kegiatan, yakni coaching clinic untuk peminat robotika, lomba robot line follower, desain terbaik line follower, dan lomba desain logo. Untuk lomba robot, imbuh dia, panitia menyelenggarakan dua kategori, yakni lomba kecepatan serta kegesitan robotline follower dalam menyusuri lintasan, dan lomba desain terbaik robot line follower.

Dalam lomba kecepatan dan kegesitan robot line follower, sambung Felix Yustian, peserta yang paling cepat menyentuh garis finis dinyatakan sebagai pemenangnya dengan waktu yang sudah ditetapkan dalam tiga menit. Jika tidak ada peserta mencapai finis, maka robot dengan jarak tempuh paling jauh dinyatakan sebagai pemenang.

“Pada Robo-Vaganza kali ini, kami mensyaratkan robot line follower yang ditampilkan harus menganut sistem digital. Robot line follower terbagi dua, yakni sistem digital dan analog,” katanya.

Pendaftaran peserta Robo-Vaganza 2016 dibuka 2-18 Mei 2016, sementara perlombaan akan digelar 18 Mei di selasar Gedung Thomas Aquinas Kampus Unika Soegijapranata Semarang dengan jumlah peserta yang tidak dibatasi. Pengajar Mekatronika Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Unika Soegijapranata Semarang itu menerangkan pada perlombaan tahun ini panitia tidak meminjamkan robot kepada peserta lomba.

Pada Robo-Vaganza tahun lalu, ia menyebutkan ada 30 peserta, dan tahun ini ditargetkan bisa melebihi di dua kelas yang dilombakan, yakni Small untuk siswa SD dan SMP dan Big untuk SMA dan umum. Selain lomba, kata dia,Robo-Vaganza 2016 ini juga menggelar coaching clinic yang terbuka untuk umum, khususnya bagi para pencinta robot dari kalangan pemula dan bagi yang belum memiliki robot.

Coaching clinic ini untuk menarik minat para pencinta robot. Akan tetapi, mereka belum memiliki robot. Jadi, ada kecintaan terhadap robot dan keingintahuan mengenai seluk-beluk robot,” kata Felix.

Sementara itu, Ketua Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Unika Soegijapranata Dr F. Budi Setiawan mengatakan Robo-Vaganza diselenggarakan dengan tujuan memfasilitasi pecinta robot berkompetisi. “Mereka [pencinta robotika] bisa memamerkan kebolehan dalam perlombaanline follower. Jadi mereka bisa berpikir lebih kreatif dengan ilmu terapan yang didapatkan di dalam pelajaran,” katanya.

Tautan : http://www.semarangpos.com

Kategori: