Robo-Vaganza 2016 Akan Digelar Fakultas Teknik Unika Soegijapranata
Jumat, 13 Mei 2016 | 7:35 WIB

Berita Ekspress 11_05_2016 Robo Vaganza 2016 akan digelar Fakultas Teknik Unika SoegijapranataTeknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang akan menggelar Robo-Vaganza 2016. Kegiatan tersebut sebagai peran aktif untuk mengembangkan dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan ilmiah dan non ilmiah melalui kegiatan mahasiswa.

Pihaknya menargetkan sekitar 30 tim yang akan mengikuti perlombaan, dimana dalam satu tim maksimal 2 orang.

Ketua Pelaksana Robo-Vaganza, Felix Yustian Setiono menyampaikan, tujuan kegiatan sendiri untuk meningkatkan promosi dari kampus Unika Soegijapranata. Selain itu untuk meningkatkan minat bagi siswa Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, Menengah Atas, juga Perguruan Tinggi lainnya hingga tingkat umum.

“Kegiatan Robo-Vaganza ini rutin digelar dan merupakan satu rangkaian kegiatan yang diawali dari pelatihan robotika di SMA atau SMK,” ujar Felix kepada Beritaekspres.com di Semarang, Rabu (11/5/2016).

Sebagai puncaknya akan diadakan lomba robot line follower programmable, dimana lomba robot line follower pada tahun ini berbasis digital. Lomba sendiri dibagi dalam dua kelas yaitu kelas BIG dan kelas Small.

“Kelas Small yakni untuk siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, sedangkan kelas BIG untuk Sekolah Menengah Atas, Kejuruan, Perguruan Tinggi dan umum,” kata Felix.

Sementara itu yang membedakan dengan tahun-tahun sebelumnya, adalah panitia tidak meminjami robot untuk ikut dalam lomba.

“Lomba robot line follower programmable ini merupakan lomba adu cepat antar robot dengan kriteria penilaian robot yang terjauh sebagai pemenang apabila tidak ada yang mencapai finish,”ungkapnya.

Disamping lomba akan dilakukan suatu coaching clinic tentang robot, hal ini untuk menarik minat pecinta robot tetapi belum mempunyai robot dan berminat untuk mencoba ikut lomba.

Untuk pendaftaran lomba sudah mulai dibuka sejak 2 Mei hingga 18 Mei 2016. Dan pelaksanaan lomba akan digelar pada 18 Mei di Selasar Gedung Thomas Aquinas, Unika Soegijapranata Semarang.

Tautan : http://www.beritaekspres.com

Kategori: