Program KKU, Unika Gandeng Bank Jateng
Selasa, 10 Mei 2016 | 10:55 WIB

WWS 03_05_2016 Program KKU, Unika Gandeng Bank Jateng

BENDHAN DHUWUR – Universitas Katholik (Unika) Soegijapranata bersinergi dengan Bank Jateng serta Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jateng, dalam program pen-dampingan kewirausahaan UMKM. Model pendampingan yang akan dilakukan sama dengan program Kuliah Kerja Usaha (KKU), yang selama ini sudah berjalan.

"Kami mempunyai program KKU sama halnya KKN, di mana setiap kelompok mahasiswa melakukan pendampingan terhadap satu kelompok UMKM, papar Rektor Unika Prof Budi Widianarko, usai penandatanganan naskah kerja sama dengan Bank Jateng, Dinas Koperasi dan UMKM Jateng serta PT Telkom Divre IV Jateng-DIY, di Gedung Mikael kampus setempat, Senin (2/5).

Menurutnya, UMKM yang didampingi banyak yang berkembang dan menjadi lebih baik, maka konsep ini ditawarkan ke Bank Jateng yang memiliki program kredit mitra 25 dan 02.

Dikatakan, dengan kerja sama ini diharapkan, dana yang disediakan oleh Bank Jateng bisa digulirkan dan berkesinambungan ke semua kelompok UMKM, yang di-dampingi mahasiswa melalui program KKU yang sudah berjalan sejak 2010 tersebut.

"Kita juga membuka tangan kepada perguruan tinggi lain untuk ikut megadopsi program KKU agar bisa menjangkau seluruh wirausahawan mitra 25 dan 02 di Jateng, sehingga semakin banyak UMKM yang mendapat pendampingan. Harapannya angka kemiskinan di Jateng bisa ditekan," tandasnya.

Dirut Bank Jateng Supriyanto menuturkan, saat ini pihaknya memiliki program pinjaman dengan sebutan mitra 25, yakni pinjaman Rp 25 Juta dengan bunga 7 persen, dan mitra 02 untuk pinjaman modal usaha Rp 2 juta dengan bunga 2 persen.

"Dengan bunga terendah se-Indoesia dan tanpa agunan itu kami ingin pihak-pihak yang mendapat pinjaman modal dari kami mendapatkan pendampingan oleh mahasiswa, melalui program KKU ini," terangnya.

la berharap, dengan adanya pendampingan, setiap usaha bisa semakin berkembang dan tidak berhenti di tengah jalan. "Pendampingan menjadi begitu penting untuk membantu usahanya bisa berjalan terus dan bahkan berkembang dengan ide-ide kreatif mahasiswa," tandasnya.

Bank Jateng sambungnya, menyiapkan dana sebesar Rp 50 miliar untuk kredit Mitra 02 sedangkan untuk kredit Mitra 25 sebesar Rp 350 miliar dan bisa lebih besar mencapai dua sampai tiga kalinya. Untuk program kredit Mitra 25 dalam dua bulan sejak diluncurkan masih kata dia, sudah menyalurkan Rp 15,148 miliar dengan 784 kreditur UMKM sedangkan kredit Mitra 02 masih dalam tahap pendaftaran. "Masyarakat bisa mendaftar dahulu, lalu didata kemudian kita lakukan kunjungan untuk melihat usahanya," terang pria yang akrab disapa Nano itu."  (WWS 03/05/2016, hal. 20)

Kategori: