Produk Olahan Chocolate Chef Ernest di FTP Unika
Selasa, 17 Mei 2016 | 14:52 WIB

MIracle of ChocolateOpen House Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) yang bertema “Miracle of Chocolate” telah  diselenggarakan pada hari Sabtu (14/5), bertempat di Auditorium Albertus dan ruang Theater Thomas Aquinas, Unika Soegijapranata.

Kegiatan Open House di awali dengan acara talkshow dan sharing dari Alumni FTP, yang diwakili oleh Ester Adelita yakni pemilik restoran rahayu dan praktisi bidang industri jasa boga serta Irayudi Lazuardi sebagai Internasional Bisnis Manajer PT. Wings  Jakarta.

Dalam sesi sharing ini, siswa bersama orang tuanya diajak untuk bertukar pendapat mengenai pendidikan yang ada dalam Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) oleh pihak Dekanat dan alumni yang menyampaikan pendapatnya tentang bagaimana menempuh studi di FTP Unika.

Kegiatan lain, selain talkshow adalah kegiatan Cooking with Chef. Dalam kegiatan ini, para peserta diajak untuk membuat olahan cokelat dengan narasumber dari nestcology, yakni Chef Ernest, yang menawarkan menu Cokelat Truffle yang disusun seperti menara dan menggunakan prinsip gastronomi. Dalam sesi ini, para peserta tidak hanya diajak untuk melihat bagaimana proses pembuatannya namun juga diberi kesempatan untuk mempraktekkannya secara langsung.

Prinsip gastronomi yang digunakan dalam pembuatan cokelat ini adalah membekukan cokelat dengan menggunakan nitrogen cair agar lebih cepat membeku. Cokelat yang merupakan produk olahan dari biji  kokoa, sangat digemari oleh semua orang dan berbagai kalangan usia. Selain itu, produk olahan coklat sangat menarik untuk digunakan dalam berbagai olahan makanan.

Tour Lab

Selain kegiatan memasak bersama Chef Ernest, kegiatan lain yang tak kalah menarik bagi peserta adalah Tour Lab. Dalam kegiatan tour lab ini diperkenalkan 5 laboratorium yang ada di FTP dan dalam setiap kunjungan ke masing-masing laboratorium, para peserta yang sudah dibagi menjadi beberapa gelombang, diminta untuk mempraktekkan aktifitas laboratorium dari masing-masing lab tersebut dengan dibimbing oleh panitia didampingi laboran FTP.

Kegiatan Open House FTP ditutup dengan Ekspo produk-produk olahan mahasiswa FTP yang dipublikasi dan dikenalkan kepada para peserta di area selasar gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata. (Ign)

Kategori: ,