Picaso Unika Gelar Lomba Debat & Cerdas Cermat
Jumat, 20 Mei 2016 | 9:00 WIB

Lomba Debat Picaso 2016PICASO (Psychologi Soegijapranata Academic Competition) diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata bidang penalaran. Acara ini sendiri terdiri dari 2 macam rangkaian acara yang terdiri dari Lomba Cerdas Cermat dengan peserta para siswa SMA wilayah Jawa Tengah dan Lomba Debat yang diikuti oleh para peserta mahasiswa fakultas psikologi dari berbagai universitas region Jawa- Bali. Pada lomba debat tiap universitas dapat mengirimkan maksimal 2 tim dan tiap tim yang akan bertanding terdiri dari 3 orang dimana jumlah peserta secara keseluruhan 16 tim dari 12 universitas.

Lomba debat ini menggunakan Bahasa Indonesia dengan mengambil tema “Perilaku Sehat Remaja Indonesia” yang diharapkan hasil dari lomba debat dapat menjadi “problem solving” bagi masalah perilaku remaja Indonesia.

Lomba Debat PICASO diadakan terdiri dari 4 tahap yaitu penyisihan, perempat final, semifinal, final. Pada tahap penyisihan sendiri terdiri dari 3 tahap yang keseluruhannya diadakan pada hari Sabtu, 14 Mei 2016 bertempat di Ruangan kelas Gedung Justinus lantai 4 dan lantai 5. Pada tahap perempat final dan semifinal diadakan pada hari Minggu, 15 Mei 2016 bertempat di Wisma P4G Universitas PGRI Semarang. Sedangkan pada tahap final diadakan pada hari Senin , 16 Mei 2016 di Ruang Teater Gedung Thomas Aquinas.

Pada lomba debat ini, para peserta dinilai oleh juri  materi dan juri teknis. Juri materi yang bertugas menilai materi yang disampaikan berasal dari kalangan dosen S1 dan S2 Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata dengan status kelulusan minimal master psikologi. Sedangkan untuk juri teknis yang bertugas menilai hal-hal secara teknis seperti tata bahasa yang disampaikan dalam menyampaikan statement dan metode debat berasal dari mahasiswa S2 psikologi dan anggota Soegijapranata Debate Society.

Pada hari pertama, lomba debat menyajikan hal yang spesial yaitu acara dinamika perkenalan antar tim tiap fakultas yang bertujuan untuk merekatkan dan menjalin silaturahmi antar universitas. Acara lomba debat dimulai dengan menempatkan seluruh peserta pada satu ruangan kelas untuk keperluan pengambilan mosi oleh perwakilan peserta yang kemudian menuju kelas masing-masing untuk bertanding. Lomba Debat PICASO ini menggunakan metode Australian Parliementary Sistem  dimana terdiri dari 2 pihak yaitu pihak affirmative team(government team) dan negative team(opponent team). Pada awal, pembicara I, II, III mendapat kesempatan menyampaikan pendapat selama 5 menit . Kemudian dilanjutkan dengan tugas masing-masing tim sebagai pihak pro dan kontra untuk mempertahanakan dan menyanggah pendapat. Debat kemudian dilanjutkan dengan ringkasan statement yang disampaikan oleh reply speaker.

Pada sistem penilaian lomba debat PICASO menggunakan sistem klasemen yang terdiri dari Winning Point dan Margin. Winning point bagi tiap team didapat 1 bagi tim yang menang dan 0 bagi yang kalah. Sedangkan untuk margin merupakan akumulasi Wiinning Point yang telah didapat oleh setiap tim.

Mosi yang akan dipakai pada babak penyisihan sampai semifinal akan diberitahukan setelah para peserta menyelesaikan registrasi pada panitia . Pada babak final, mosi yang digunakan bersifat impromptu dimana para peserta yang bertanding membahas mosi yang akan diajukan langsung oleh para juri tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya.(Cal)

Kategori: ,