Perpustakaan Harus Maksimalkan IT
Kamis, 26 Mei 2016 | 8:13 WIB

KRJ 25_05_2016 Perpustakaan Harus Maksimalkan ITSEMARANG – Pada era modern seperti sekarang ini peran perpustakaan sangat penting. Perpustakaan diibaratkan sebagai jantung suatu perguruan tinggi (PT), sehingga jika koleksi buku lengkap dan pengelolaannya modern maka kampus tersebut bisa disebut berkualitas.

Wakil Rektor IV Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, Semarang Dr Ridwan Sanjaya mengatakan, penggunaan IT kini merupakan kebutuhan perpustakaan PT. “Dengan itu perpustakaan bisa sangat optimal melayani dosen, mahasiswa dan masyarakat umum yang membutuhkan layanan prima perpustakaan,” jelasnya dalam seminar yang digelar di kampus setempat, Rabu (25/05/2016).

Dalam materinya Dr Ridwan Sanjaya banyak mengulas tentang Sustaining Innovation : Library 3.0. Sebagai tranformasi lanjutan setelah konsep library 2.0 yaitu model perpustakaan yang dikenal sebelumnya yang memanfaatkan media web 2.0 dalam proses penyebaran informasi dan pencarian informasi.

“Pengguna perpustakaan akan mendapatkan manfaat dengan menggunakan Library 3.0. Di antaranya pengguna perpustakaan akan memiliki referensi yang tepat untuk karya ilmiahnya sehingga penulisannya akan menjadi baik dan benar, selain itu karya yang dihasilkan juga akurat, berkualitas, asli serta terhindar dari masalah etika yang berhubungan dengan plagiasi" ujarnya. (Sgi)

Tautan : http://krjogja.com

Kategori: