Peduli Penderita Thalasemia dengan Donor Darah
Kamis, 12 Mei 2016 | 17:43 WIB

IMG_7640BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis, KSI, serta PPM dalam rangka mengajak masyarakat kampus Unika untuk peduli kepada para penderita thalasemia, mengadakan aksi donor darah di selasar gedung Thomas Aquinas, Kamis (12/5). Kegiatan yang bertema “T-Day, Somebloody to Love” ini juga dimeriahkan dengan charity concert dan pameran foto penderita thalasemia serta informasi apa saja tentang penyakit thalasemia. Kegiatan ini juga berlanjut ke kegiatan bakti sosial yang akan diadakan pada hari Minggu, 15 Mei nanti.

“Kegiatan sosial ini bertujuan untuk lebih menyadarkan masyarakat kampus tentang penyakit thalasemia dan lebih peduli lagi terhadap para penderita thalasemia karena masih banyak masyarakat luar yang kurang aware terhadap penyakit ini,” tutur Ino sebagai ketua acara T-Day.

Natalia yang merupakan panitia acara juga menambahkan, “Acara ini untuk lebih mengenalkan penyakit thalasemia, sebagai bentuk peduli kami terhadap para penderita thalasemia. Kami juga ingin memberitahu masyarakat bahwa penyakit ini tidak menular dan merupakan penyakit bawaan, jadi dengan begitu masyarakat bisa lebih sadar dan tahu akan bahaya penyakit ini dan tidak menjauhi penderita thalasemia.”

Thalasemia adalah penyakit gangguan pembentukan hemoglobin di mana terjadi kelainan atau perubahan pada gen globin yang mengatur produksi hemoglobin, dan membuat umur eritrosit memendek. Gejala-gejalanya seperti anemia, sulit bernafas, mudah merasa lelah, wajah pucat, rambut rontok, pembesaran limpa, dan bagi penderita thalasemia berat maka dapat terjadi perubahan bentuk wajah yang disebut Fascies Cooley’s.

Thalasemia tidak menular, karena merupakan penyakit bawaan dari salah satu orang tua ke anaknya ketika masih dalam kandungan. Di Indonesia, dikutip dari thalasemia.org setiap      6-10 dari 100 orang Indonesia membawa gen thalasemia dan jumlah ini cukup besar. Maka dari itu deteksi dan penanganan serta kepedulian kita bagi penderita penyakit thalasemia sangatlah penting. (dns)

Kategori: ,