Launching Komik Karya Sewindu DKV Unika
Jumat, 27 Mei 2016 | 16:37 WIB

DKV1Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Jurusan Desain Komunikasi  Visual (DKV) Universitas Katolik Soegijapranata yang ke-8 pada 15 Mei 2016,  UKM KOBOKAN (Komplotan Bocah Komikan) bekerja sama dengan dosen progdi DKV meluncurkan komik yang berjudul Komik Karya Sewindu DKV.

Acara syukuran sekaligus peresmian pelucuran komik tersebut diadakan di Selasar Gedung Henricus Constant Unika pada hari Rabu (25/5) dengan ditandai pengguntingan pita oleh Dra. B.Tyas Susanti, MA, PhD sebagai Dekan Fakultas Arsitektur & Desain (FAD) beserta A. Dicky Prastomo, SIP., MA sebagai Ketua Program Studi DKV Unika.

Komik terdiri dari 8 tema utama yang menggambarkan perjalanan DKV UNIKA yang telah berjalan selama 8 tahun. 8 tema tersebut antara lain : kegiatan live in, DKV 2, DKV 3, proyek akhir, best proyek akhir, alumni, sarasehan, dan branding Unika.

Proses pembuatan komik diawali dengan perencanaan (design) komik sendiri dimulai dari tanggal 29 April sampai dengan 20 Mei 2016 . Sebelum proses perencanaan, para dosen telah memberikan 8 tema utama yang kemudian tiap anggota KOBOKAN mulai memikirkan ide aktualisasi dari 8 tema tersebut yang pada tahap selanjutnya dilakukan brainstorming ( bertukar pikiran antar individu) antara anggota KOBOKAN dan para dosen. Pada tahap selanjutnya hasil dari brainstorming, dieksekusi selama 3 minggu oleh anggota KOBOKAN  sambil dibantu dengan adanya asistensi dengan para dosen. Dari 8 tema utama pada komik tersebut, 6 tema dikerjakan oleh masing-masing kelompok yang terdiri dari 2 orang mahasiswa perwakilan KOBOKAN dan 2 tema selanjutnya  dikerjakan secara bersama.

KOBOKAN mengirimkan 6 perwakilan yang tergabung dalam 1 tim dalam pengerjaan proyek Komik Karya Sewindu DKV. Pada minggu yang pertama, para anggota KOBOKAN membuat design dengan merealisasikan ide yang telah dipikirkan yang kemudian diasitensikan dengan para dosen. Pada minggu yang ke-2 dilanjutkan dengan pembuatan komik melalui proses digital yang kemudian diasistensikan kembali dengan para dosen. Pada minggu ke-3 , dilakukan final design secara keseluruhan yang kemudian dilanjutkan dengan proses pencetakan.

Komik juga dapat diakses melalui ngomik.com dengan judul Komik Karya Sewindu DKV. Pada kalangan mahasiswa DKV UNIKA acara ini juga dishare melalui berbagai media sosial oleh para dosen dan milik KOBOKAN sendiri.DKV3

Pada tahap pengenalan, komik yang dicetak sejumlah 12 buah, kemudian pada tahap berikutnya akan dicetak lebih banyak yang kemudian dikirimkan pada masing-masing universitas seluruh Indonesia yang memiliki program Desain Komunikasi Visual dengan tujuan memeperkenalkan DKV Unika kepada masyarakat luas melalui pengalaman dan perjalanan yang dialami DKV Unika selama 8 tahun. Pada tahap selanjutnya, juga dimungkinkan untuk menebus hak cipta dari komik tersebut sebelum diperjualbelikan secara bebas.

UKM KOBOKAN telah berdiri sejak tahun 2010 yang kemudian vakum dan aktif kembali pada Bulan September 2015. UKM tersebut di bawah Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Arsitektur dan Desain Unika Soegijapranata dan diketuai oleh Nico Faboa Marpaung. Komik Karya Sewindu merupakan karya dari KOBOKAN yang pertama selepas mengalami vakum.(Cal)

Kategori: ,