IMA Unika Soegijapranata, Bedah Habis Tentang Passion
Senin, 30 Mei 2016 | 14:06 WIB

IMAPassion adalah sesuatu yang selalu anda lakukan setiap hari, dan anda selalu senang ketika melakukannya, juga merasakan emosi yang berapi-api ketika melakukannya” ucap  Dedy Dahlan, seorang passion coach dan juga penulis buku, yang menjadi pengisi acara Seminar Passionpreneurship, yang diadakan oleh Indonesia Marketing Assoaciation (IMA).

Seminar yang mengambil tema “Find Your Passion, Create Your Vision, Feel The Sensation!”  memberikan ilmu yang sangat banyak bagi peserta seminar yang hadir. Seminar Passionpreneurship banyak berbicara tentang apakah itu passion dan lebih mengerucut lagi, yaitu dalam bidang wirausaha.

Dalam seminar ini, Dedy Dahlan juga mengajak para peserta seminar untuk mencari passion mereka dan menemukan yang tepat. Menurut John L. Holland, tipe kepribadian manusia dibagi menjadi enam bagian.

Yang pertama, realistik.

Ketika anda menyukai sesuatu yang dapat dipegang dan real dapat dipegang, sebagai contohnya adalah, naik gunung, panjat tebing, otomotif. Orang yang bertipe kepribadian ini memiliki bentuk kecakapan mekanik, ketahanan fisik dan gerakan untuk berpindah pindah.

Yang kedua, investigative.

Orang yang memiliki kepribadian jenis ini cenderung memilih pekerjaan yang ia sukai, yaitu dibidang akademik, juga mencintai tugas-tugas yang bersifat kabur, memiliki sikap yang tidak konvensional, dan kegiatannya bersifat intraseptif. Contohnya adalah ahli ahli dibidang sains.

Yang ketiga, sosial.

Apakah anda suka berbicara dan pandai bergaul? Serta responsive, bertanggung jawab dan memiliki kecakapan verbal? Jika ya, maka anda adalah orang yang memilki sifat sosial.

Yang keempat, konvensional.

Tipe ini biasanya menyukai kegiatan-kegiatan verbal, seperti bahasa yang tersusun dengan baik, senang mengabdi dan mengidentifikasikan diri pada kekuasaan. Ditandai dengan pemecahan masalah pada lingkungan mereka dan akan nampak jelas bahwa mereka menyelesaikannya dengan teratur dan dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Yang kelima, enterprising.

Tipe enterprising adalah tipe yang suka berbisnis, dan berusaha. Mereka juga suka untuk menguasai dan mempengaruhi orang lain.

Yang ke enam, artistik.

Tipe artistik adalh orang-orang yang suka seni, yang suka menggambar, menyanyi, memasak, dan lain-lain.

“Biasanya seorang manusia memiliki tiga kepribadian minat bakat, dari enam kepribadian yang ada” pungkas Dedy.  (Sit.Nar)

Kategori: ,