Bukan Cuma Pengenalan Perkuliahan, Namun Juga Potensi di FTP Unika Soegijapranata
Senin, 16 Mei 2016 | 10:10 WIB

Choco TP(Suaramerdeka) – SEMARANG, Untuk mengajak dan mengenalkan kepada calon mahasiswa saat sudah diterima dan menjalani perkuliahan, Fakultas Teknologi Pangan (FTP) Unika Soegijapranata menggelar Open House FTP 2016. Ketua Panitia Pelaksana Iqbal Nurmahendra menyatakan, Open House FTP 2016 ini mengajak calon mahasiswa datang untuk mengenal FTP dan bagaimana keseharian dalam perkuliahan.”Kami juga memberikan penjelasan kepada siswa, guru dan orang tua calon mahasiswa mengenai potensi apa saja yang dapat ketika memilih jurusan FTP di Unika Soegijapranata. Kami mengundang dua alumni FTP, untuk berbagi pengalaman selama kuliah dan apa yang saat ini diraih,” kata Iqbal di Gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata, Sabtu (14/3).

Dua orang alumni tersebut sambungnya, akan mengisi talkshow dan berbagi kepada calon mahasiswa maupun orang tua mengenai potensi ke depan lulusan FTP. Mereka adalah masih kata Iqbal, Ester Adelita atau akrab disapa Tata. Menurutnya, Tata adalah seorang wirausahawan, pemilik restoran Rahayu di Semarang.

Sedangkan Irayudi Lazuardi atau akrab disapa Yudi adalah International Bussines Manager PT Wings Jakarta. Sebuah industri yang bergerak pada bidang pangan. “Kami ingin menunjukkan lulusan FTP tidak hanya ikut perusahaan tapi juga ada yang membuka bisnis wirausaha,” tambahnya.

Tujuannya, selain mengenalkan keluar bahwa Unika Soegijapranata memiliki FTP lanjut Iqbal, juga mengajak anak-anak yang baru lulus SMA untuk bergabung kuliah di FTP. Selain mengundang siswa SMA yang baru lulus, panitia juga mengundang separo calon mahasiswa yang sudah masuk melalui jalur prestasi.”Kami ingin para calon mahasiswa yang sudah masuk melalui jalur undangan, semakin mantap untuk kuliah di sini,” tuturnya.

Selain talkshow, untuk calon mahasiswa diajak mengikuti cooking demo dengan menghadirkan pemilik Nestcology Chef Ernest. Calon mahasiswa juga diajak berkeliling ke laboratorium yang digunakan mahasiswa FTP praktek. Tour meliputi ke Laboratorium Sensori, Kuliner, Rekayasa Pangan, Mikrobiologi, Analisa Pangan dan pameran produk inovatif yang dibuat mahasiswa FTP.”Kami juga mengajak orang tua tour ke laboratorium tapi pada waktu yang berbeda. Tidak hanya tour, orang tua juga diajak mengikuti Seminar ‘Bahan Tambahan Berbahaya pada Produk Pangan’ oleh Dr B Soedarini,” paparnya.

Sementara Ketua Panitia Dea Nathania Hendryanti STP menyatakan, kegiatan ini juga ingin memberikan hands on experience kepada peserta dalam pembuatan produk pangan yang berprinsip pada ilmu Gastronomy dalam pembuatan Chocolate truffle tower. Dalam kesempatan tersebut calon mahasiswa dipertunjukkan bagaimana menggunakan teknologi terkini, untuk pembekuan coklat. Yaitu dengan nitrogen cair. “Tahun ini, Open House FTP Unika menambahkan satu event baru yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yaitu, FTP Product Exhibition – pameran produk inovatif yang dihasilkan oleh mahasiswa FTP Unika,” jelas dosen muda di Progdi Teknologi Pangan Unika Soegijapranata tersebut.

Kegiatan ini merupakan acara tahunan FTP, pada pelaksanaan kali ini yang mengambil tema ‘Miracle of Chocolate’ ada beberapa perbedaan. Diantaranya, cooking class dengan gastronomi dan pameran produk inovatif yang dibuat mahasiswa FTP.

Tautan : http://berita.suaramerdeka.com

Kategori: