Unika Lepas 397 Mahasiswa Untuk KKU di Beberapa UMKM
Selasa, 5 April 2016 | 17:54 WIB

IMG_6719Kuliah Kerja Usaha (KKU) yang merupakan salah satu kegiatan yang setara dengan KKN atau KAPKI adalah merupakan satu bentuk pendidikan yang memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat dan secara langsung mengidentifikasi, merumuskan dan menangani masalah-masalah pengembangan dan pembinaan usaha ekonomi produktif yang dihadapi oleh kelompok masyarakat.

Dalam rangka mengawali kegiatan KKU periode II tahun akademik 2015-2016, yang akan dilaksanakan mulai tanggal 4 April sampai dengan 24 Juni 2016, LPPM Unika melepas 397 mahasiswa Unika untuk melaksanakan kegiatan KKU di beberapa tempat, antara lain : Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati, Kelurahan Kemijen, Kelurahan Gisikdrono, Wilayah Sambiroto, Wilayah Karangpanas, dan Wilayah Kuncup Melati.

Upacara pelepasan Mahasiswa KKU dilaksanakan pada hari Senin (4/4), bertempat di lapangan Albertus, Unika Soegijapranata, dipimpin oleh Dr. Augustina Sulastri, S. Psi., Psi. sebagai Wakil Rektor I bidang Akademik

Dalam sambutannya, Dr. Augustina Sulastri  memaparkan, “Sebagai pengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi, mahasiswa yang menjadi bagian dari civitas academica, dalam kegiatan KKU ini proses pembelajarannya bisa dikategorikan sebagai model Andragogi yaitu Adult Learning atau pembelajaran untuk orang dewasa. Artinya Universitas mempersiapkan para mahasiswa untuk menjadi anggota masyarakat, sebab kelak ketika mahasiswa lulus akan menjadi bagian dari masyarakat. Dan program KKU ini merupakan proses pembelajaran yang mendorong mahasiswa supaya terlibat langsung dengan masyarakat, “

“UMKM sebagai Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam suatu berita media lokal diinformasikan bahwa UMKM bisa menyerap kurang lebih 500.000 tenaga kerja. Oleh karena itu sangatlah kontekstual bahwa Unika saat ini melepas 397 mahasiswa untuk belajar dengan anggota masyarakat yang menjalankan usaha, namun sisi lain para mahasiswa juga diharapkan menyumbangkan sesuatu yang telah mereka dapat dibangku perkuliahan dan menjadikan kegiatan KKU ini sebagai wadah inspirasi untuk menjadi Job Creator atau pencipta lapangan kerja saat lulus kelak,” tambahnya.

Expo dan Workshop UMKM

Selanjutnya, Rudi Elyadi, SE., MM sebagai Ketua Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) Unika juga menjelaskan,  “Kegiatan KKU kali ini ada beberapa wilayah KKU yang satu kelompok harus mengajak 2 model mitra usaha, seperti misalnya mitra usaha bidang jasa dan mitra usaha bidang non jasa. Hal ini dimaksudkan supaya para mahasiswa bisa mendapatkan cukup ilmu untuk bekal mereka dalam mengenal dan mengembangkan UMKM.”

Lebih lanjut dijelaskan pula “Pada puncak kegiatan, produk UMKM yang didampingi oleh para mahasiswa akan dipamerkan dalam acara expo di Unika, supaya dapat dinikmati dan dipublikasikan secara lebih luas. Selain itu para pengusaha UMKM juga akan diundang dalam acara Workshop yang narasumbernya adalah pakar bidang pendanaan dan pengembangan UMKM, bekerja sama dengan Bank Jateng dan Bank BRI,” tandasnya.(Fys)

Kategori: