Unika Didorong Menuju Klaster Mandiri
Kamis, 28 April 2016 | 15:46 WIB

IMG_7468

Kamis, 28 April 2016, bertempat di ruang hijau Gedung Mikael Lantai 3, diadakan seminar dengan topik “Tips & Tricks to Win Grants From ASEAN Countries”. Pembicara yang dihadirkan dalam seminar tersebut adalah Prof. Dr. sc. Agr. Ir. Didik Sulistyanto, Ex-Atase kebudayaan, Kedutaan Besar Indonesia untuk Thailand. Dalam seminar yang dikhususkan bagi dosen tersebut dijelaskan mengenai beasiswa penelitian yang dapat diikuti oleh dosen untuk peningkatan kualitas dan mutu pendidikan.

“Unika sekarang menjadi perguruan tinggi swasta yang berada di klaster A (Unggulan) dan saya percaya dapat meningkat lagi menjadi level Mandiri” ujar Prof Didik dalam seminar tersebut. Menurutnya ada beberapa kriteria yang menjadi komponen evaluasi kinerja Perguruan Tinggi (PT) berbasis penelitian, yaitu Sumber daya Penelitian (30%), Manajemen Penelitian (15%), Output Penelitian (50%), dan Revenue Generating (5%). “Bagi Unika sendiri, peningkatan dapat dilakukan pada Sumber Daya Penelitian, maka Unika akan naik klaster menjadi Mandiri” tuturnya.

Ada beberapa beasiswa yang ditawarkan oleh DIKTI, yakni dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Untuk dalam negeri beasiswa berasal dari LPDP- KEMENKEU dan dari luar negeri berasal dari International Foundation Of Science (IFS-Swedia), Indonesian Torray Science Foundation (ITSF) dan Uni-Eropa Project.

“Ada Program bernama Horizon 2020 yakni program yang ditawarkan oleh EU untuk penelitian dan inovasi dalam ilmu pengetahuan” jelas Prof Didik dalam seminar tersebut. Untuk program ini, menurutnya, ada 3 prioritas utama yakni Excellence Science, Industrial Leadership dan Societal Challenges.

“Ada pula beasiswa Marie Sklodowska Curie Actions, yang juga berasal dari Eropa” tambahnya. Selain beasiswa untuk penelitian, beasiswa ini juga menawarkan pengembangan karir bagi peneliti. Namun dalam penelitiannya, seorang peneliti yang berasal dari ASEAN harus bekerjasama dengan peneliti dari negara-negara Eropa. (WL)

Kategori: ,