SSCC Unika Gandeng ASWATA gelar Workshop “Motivation Building”
Senin, 4 April 2016 | 18:34 WIB

IMG_6674Work on what make you happy”, “bekerja pada sesuatu yang dapat membuat anda bahagia” demikian yang dapat disimpulkan pada acara workshop yang diadakan sebagai salah satu bentuk kerjasama antara SSCC Unika Soegijapranata dengan PT Asuransi Wahana Tata (ASWATA) bertempat di ruang Seminar LPPM,  gedung Mikael lantai 4, Unika Soegijapranata (1/4).

Workshop ini digelar dengan tema “Motivation Building, job Hunting Strategy and Interview Technique”. Acara workshop diselenggarakan dengan tujuan untuk menyiapkan mahasiswa/i untuk memasuki dunia kerja setelah menyelesaikan studi Diploma III maupun Strata I di berbagai bidang ilmu di Unika Soegijapranata.

Untuk mengenalkan dunia kerja secara lebih dekat, maka dalam workshop tersebut dihadirkan seorang pembicara yaitu Drs. Tri Wahono sebagai HR & GA Director PT Asuransi Wahana Tata.

Dalam materinya Tri Wahono menjelaskan tentang leadership dalam dunia kerja. “Seorang Leader bisa disebut benar-benar leader jika bisa menciptakan leader baru. Dan hal tersebut bisa dilakukan melalui training and development, karena lewat training and development bakat dan kemampuan seseorang bisa dilihat perusahaan serta diarahkan untuk spesifikasi kerja tertentu. Dalam perkembangannya, keterbukaan karir seseorang dalam suatu perusahaan juga mengalami perubahan, artinya suatu saat perusahaan akan secara terbuka menginformasikan peluang-peluang karir atas jabatan tertentu yang bisa dikompetisikan atau dipilih oleh karyawan dalam sebuah perusahaan” ungkap Tri Wahono.

CV dan Interview

“Dalam membuat Curriculum Vitae (CV) juga tidak boleh seenak sendiri, paling tidak unsur-unsur yang harus terpenuhi adalah data pribadi, pendidikan, pengalaman kerja atau pengalaman organisasi, prestasi yang pernah kita capai ( achievement), kegiatan ekstrakurikuler yang pernah kita ikuti, yang berguna untuk mempererat hubungan antar anggota dalam satu tim kerja dan mengetahui karakter kita (termasuk kategori introvert atau extrovert). Disamping itu sedapat mungkin kita hindari pindah-pindah kerja dalam waktu singkat, di bidang yang berbeda-beda, karena perusahaan yang akan kita masuki akan memberikan kesan yang tidak baik pada kita. Hal tersebut bisa terjadi karena sebenarnya rekrut karyawan itu tidak mudah. Banyak hal yang harus perusahaan siapkan, mulai tempat kerja, peralatan kerja, kesejahteraan kerja, karir kerja dan banyak hal lainnya” tambahnya.

“Apabila kita akan interview, maka ada hal-hal yang harus  kita perhatikan, diantaranya : survey terlebih dahulu tempatnya, datang lebih awal, percaya diri dalam menjawab pertanyaan si pewawancara, pakaian yang rapi dan formal” tandasnya

Dalam workshop yang banyak diikuti oleh peserta dari mahasiswa semester akhir tersebut, ternyata disambut  sangat antusias oleh peserta workshop. Sebab dari workshop ini para peserta cukup banyak mendapat pengetahuan yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya.

Work on what make you happy”, demikian yang selalu diungkap oleh pembicara dalam workshop tersebut. Hal ini memotivasi para mahasiswa untuk kelak bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginan dan minat dari mahasiswa tersebut. (WL)

Kategori: ,