Seminar Nasional : Kolaborasi Library 3.0 & E-Learning Dalam Mendukung Kualitas Pembelajaran
Jumat, 22 April 2016 | 13:31 WIB

Leaflet Seminar Perpustakaan

Perkembangan teknologi Internet yang sangat pesat mendorong munculnya berbagai aplikasi di bidang pendidikan. Internet yang saat ini dimanfaatkan di perpustakaan untuk akses informasi koleksi tercetak dan elektronik digunakan juga untuk mendukung proses pembelajaran di kelas maupun pembelajaran online.

Penerapan Library 3.0 sangat membantu para pengguna perpustakaan melakukan aktifitas membaca, menulis dan menjalankan web site perpustakaan. Bagi pengelola perpustakaan, implementasi Library 3.0 adalah menggabungkan beberapa database seperti katalog perpustakaan, repository institusi, jurnal elektronik yang dilanggan, bahkan sampai database Google Scholar menjadi satu. Ketika pengguna melakukan penelusuran, satu kata kunci yang diketik dalam penelusuran akan menampilkan hasil penelusuran yang berasal dari semua data yang terkoneksi dari semua database.

Di sisi lain saat ini pemanfaatan internet juga dilakukan untuk mendukung proses pembelajaran online. Proses pembelajaran online atau e-learning tersebut telah diterapkan pula di berbagai institusi pendidikan, terutama Perguruan Tinggi. Melalui e-leaming proses belajar lebih efektif sebab peluang mahasiswa untuk berinteraksi dengan pengajar, teman, maupun bahan maupun sumber belajar menjadi lebih luas dan terbuka. Sistem pembelajaran e-learning yang bersifat open learning, lebih diarahkan pada peningkatan pengayaan materi pembelajaran mahasiswa namun tidak dimaksudkan untuk menggantikan sistem perkuliahan tatap muka yang telah ada. Kolaborasi Library 3.0 dengan e-learning tentunya akan mendukung kualitas pembelajaran menjadi lebih optimal, dengan menghasilkan siswal mahasiswa yang semakin memiliki kemandirian dan tanggung jawab dalam proses belajar.

 
Waktu dan Tempat
Seminar akan dilaksanakan pada 
Kamis, 19 Mei 2016, 
Ruang Theater Gedung Thomas Aquinas Lt. 3,
Unika Soegijapranata,
JI. Pawiyatan Luhur IV/1 Bendan Dhuwur Semarang 50234

PEMBICARA
Dr. Onno W. Purbo (Praktisi IT)
TOPIK : TIPS DAN TRIK MENGAJAR MELALUI &LEARNING

Dr. Ridwan Sanjaya (Wakil Rektor Bid. Pengembangan)
TOPIK : SUSTAINING INNOVATION: LIBRARY 3.0

Rikarda Ratih, Sos (Ka. Perpustakaan Unika Soegijapranata)
TOPIK : PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN MELALUI E-LEARNING

Kategori: