Sebanyak 397 Mahasiswa Unika Diterjunkan Bantu UMKM
Senin, 4 April 2016 | 10:56 WIB

TRBJ 02_04_2016 Sebanyak 397 Mahasiswa Unika Diterjunkan Bantu UMKM(TRIBUNJATENG) – SEMARANG – Sebanyak 397 Mahasiswa Unika Soegija Pranata akan menjalani Kuliah Kerja Usaha (KKU)periode ke dua tahun 2016 ini. Sebelum diterjunkan ke lapangan ratusan mahasiswa tersebut lebih dahulu diberi pembekalan di ruang teater Gedung Thomas Aquinas, Jumat (1/4/2016) kemarin.

Melalui keterangan tertulis yang dikirim ke Tribun Jateng, Humas Unika menjelaskan, KKU merupakan perwujudan dari salah satu dari Tri Dharama Perguruan Tinggi, yakni pengabdian masyarakat.

"KKU hampir serupa dengan KKN, namun KKU berfokus pada pemberdayaan dan pendampingan kepada UMKM tertentu yang menjadi binaan Unika Soegijapranata di sekitar Kota Semarang agar dapat berkembang dengan baik," tulis Humas Unika Agus Yuwono dalam keterangan persnya, Sabtu (2/4/2016).

Menurutnya, di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) ini, dituntut untuk semakin banyak peluang industri kreatif yang diciptakan agar produk dari negeri sendiri dapat berkembang dengan baik. Oleh karena itu perlu adanya pendampingan bagi para pelaku industri ekonomi kreatif yang bergerak pada bidang UMKM yang sedang berjuang untuk memproduksi, mendistribusikan serta memikirkan cara pemasaran.

Menurut Rudi Elyadi, SE, MM selaku pembicara dalam pembekalan KKU, selain membantu UMKM untuk meningkatkan dan mengembangkan usahanya, KKU yang terselenggara selam 2,5 bulan dapat menjadi sarana pembelajaran bagi mahasiswa untuk belajar bagaimana kegiatan bisnis dalam usaha kecil menengah dengan pemilik usaha tersebut.

"UMKM juga dapat belajar dari apa yang dilakukan mahasiswa berkat pengalaman perkuliahan, sebaliknya mahasiswa juga bisa belajar dari pengusaha, jadi KKU ini memiliki feedback baik dari kedua sisi," jelasnya.

Ia menambahkan, di akhir KKU akan diadakan Expo, kegiatan pameran bersama dari pendampingan UMKM, selain itu akan dilakukan Workshop dan mengundang UMKM untuk diberikan pelatihan singkat yang dibawakan oleh berbagai narasumber, dengan maksud agar dapat menjawab persoalan dari UMKM semisal berupa pinjaman, pendanaan serta UMKM satu dengan yang lain saling sharing. (*)

Tautan : http://jateng.tribunnews.com

Kategori: