Percaya Kekuatan Impian
Jumat, 29 April 2016 | 9:29 WIB

LorentiaLorentia Santoso, seorang mahasiswi lulusan dari SMA Kolese Loyola Semarang pada awalnya tidaklah menyangka akan mendapatkan begitu banyak hal selama kuliah di Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Program studi Teknologi Pangan Unika Soegijapranata. Setelah menempuh masa studi selama 3 tahun 6 bulan, ia pun merasakan hal yang luar biasa terjadi padanya. Mulai dari ilmu, teman, pengalaman organisasi, serta pengalaman internasional yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Anak ke-3 dari 4 bersaudara ini merupakan putri dari pasangan Go Roy Santoso dan Liliawati, telah menyelesaikan tugas akhirnya dengan judul “The Effect of Different Medium Compositions on the Production of Bacteriocin of Lactic Acid Bacteria Isolated from Yellow Betung Bamboo Shoot Pickle under Different Fermentation Conditions”. Lorentia mengerjakan tugas akhirnya bersama dengan 2 dosen pembimbingnya Dra. Laksmi Hartayanie, MP dan juga Ir. Lindayani, MP., Ph.D.  Dalam hasil penelitiannya dijelaskan bahwa produk fermentasi khususnya acar rebung sangat berpotensial untuk menghasilkan senyawa antimikroba dan dapat digunakan sebagai bahan pengawet alami. Diharapkan kedepannya kualitas pangan di negara Indonesia dapat lebih meningkat dan tentu saja pemanfaatan bahan pangan lokal dapat terus berkembang. Ia pun dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude pada Februari 2016 lalu dengan IPK 3,90.

Menurut Lorentia, salah satu tips untuk menjadi wisudawan terbaik adalah sadar akan 2 kewajiban yaitu sebagai mahasiswa dan seorang anak. Sebagai mahasiswa ia pun sadar bahwa haruslah menuntut ilmu semaksimal mungkin. Sedangkan sebagai anak ia sadar bahwa memiliki kewajiban untuk menghargai kerja keras orang tua dan ingin membanggakan kedua orang tuanya.

Perjalanan hidup berorganisasi kampus Lorentia pun tak kalah mengesankan. Diawali dengan menjadi anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, kemudian menjadi anggota Senat Mahasiswa Unika Soegijapranata, kemudian menjadi Direktur dari GLORY (Group of Leaders On Research and Society) 5, dan kemudian kembali lagi menjadi Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian.

Tak hanya sebagai wisudawan terbaik, Lorentia sendiri memiliki banyak prestasi lain yang didapatkan ketika menimba ilmu di Unika Soegijapranata. Antara lain menjadi Best Presenter pada International Young Food Scientist Conference di UPH Jakarta pada tahun 2013. Serta mendapatkan kesempatan untuk mengikuti konferensi internasional yaitu LIMUN (London International Model of United Nations) yang diselenggarakan di London, UK pada tahun 2014 dan juga mengikuti program pertukaran pelajar dengan Assumption University di Bangkok, Thailand pada tahun 2015. Karena talentanya yang mengesankan tersebut tak heran apabila gadis yang satu ini dinobatkan menjadi SOTY periode 2015. Saat ini, ia masih sering membantu Fakultas dalam hal menjadi asisten praktikum. Kedepannya gadis berprestasi ini ingin langsung terjun ke dunia kerja.

Pesan dari wisudawan terbaik FTP periode I 2016 ini adalah “Kekuatan impian, apabila kita kerjakan dengan kemauan keras, disertai percobaan terus menerus, maka hasilnya akan sangat luar biasa. Bahkan dapat menembus batas-batas kemampuan kita, dan impian akan berubah menjadi kenyataan. Percayalah!”  (And)

Kategori: ,