Pameran Knowledge Entertainment 2016 Disambut Hangat Pengunjung dan Peserta
Jumat, 1 April 2016 | 19:39 WIB

IMG_6536Pada hari Rabu (30/3), Selasar Gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata dipenuhi oleh mahasiswa, dosen dan para tenaga kependidikan Unika Soegijapranata. Hari itu sejak pagi hingga sore hari Unika Soegijapranata tengah menggelar pameran “Knowledge Entertainment” untuk merayakan keberhasilan Unika Soegijapranata menjadi “10 PTS Terbaik” Indonesia dan PTS Terbaik Jawa Tengah – berdasarkan Pemeringkatan Kemenristek DIKTI dan menjadi 100 Universitas Pilihan Pembaca KOMPAS.

Ada 21 stand dari berbagai UKM dan program studi yang ada di Unika Soegijapranata, antara lain; International office, Fakultas Bahasa dan Seni, Program Studi Arsitektur, Program Studi Perpajakan, Magister Lingkungan dan Perkotaan, UPT Promosi dan Rekuitmen Mahasiswa, Program Studi  Desain Komunikasi Visual, Program Studi Psikologi, The Soegijapranata Institute, Pusat Psikologi Terapan, Program Studi Teknik Elektro, Program Studi Ilmu Hukum, Program Studi Ilmu Komunikasi, Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Pertanian, Program Studi Akutansi, Program Studi Manajemen, UKM Soepra.fm, Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Teknik Informatika, dan Magister Hukum Kesehatan.

Acara pameran Knowledge Entertainment ini diakui para dosen dan mahasiswa sebagai ajang kreativitas dan ajang memperkenalkan program studi mereka masing-masing kepada para mahasiswa dan dosen yang lain. Mereka juga mengaku senang dapat mengikuti acara ini karena mereka dapat saling bertukar informasi tentang hasil-hasil capaian prestasi penelitian maupun pendidikan yang telah diraih oleh program studi mereka masing-masing, karena mereka mengaku selama ini kurang mengetahui tentang program studi yang lain karena jarak antar gedung yang ditempati mereka cukup jauh.

Totalitas untuk Fakultas Tercinta

Stephen Setiyadi Agata (Ilmu Komunikasi 2014) atau yang akrab dipanggil Jo oleh teman-temannya mengaku ikut membantu para dosennya untuk mendekor booth FHK sampai larut malam.

“Aku bantu-bantu dekor sama temen-temen komunikasi angkatanku sampe jam 12 malem. Anak-anak komunikasi aktif banget di acara ini, sampe mau untuk dekor-dekor hingga malem gini, ini semua kita lakuin buat fakultas kita tercinta” ujar Jo. Sisi lain, Jo juga berharap pada event yang sama tahun depan akan lebih banyak lagi mahasiswa yang mau terlibat dalam acara ini.

Para Dosen dan Mahasiswa sangat antusias mengikuti pameran Knowledge Festival tahun 2016 ini, terbukti dari totalitas mereka untuk menunjukan keunggulan Progdi-nya masing-masing. Tidak hanya Program Studi dan UKM, ternyata The Soegijapranata Institute (TSI) juga ikut dalam pameran ini, The Soegijapranata Institute (TSI) adalah pusat studi yang dibentuk oleh Rektor Unika Soegijapranata pada tahun 2009, dengan tujuan untuk menggali dan menanamkan nilai-nilai kehidupan Mgr.Soegijapranata yang bisa kita teladani dalam kehidupan masyarakat, khususnya di lingkungan Unika Soegijapranata.

Booth Fakultas Psikologi Dikerubungi oleh Massa

Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata boleh berbangga hati karena booth merekalah yang paling ramai dikunjungi oleh massa. Banyak sekali mahasiswa yang ingin mencoba untuk di hipnotis. Tidak hanya di hipnotis ternyata Fakultas Psikologi juga mengadakan Grafologi (Teknik membaca kepribadian berdasarkan tulisan tangan), terapi EFT (Terapi yang membantu meredakan fobia, tekanan batin dan trauma), tes buta warna, tes pendengaran, tes reflek tangan dan lutut. Tidak hanya itu tetapi UKM yang ada dibawah Fakultas Psikologi juga membuka konseling dan turut berpartisipasi dalam acara ini yaitu UKM CTR (UKM yang menangani keadaan psikologis para korban bencana).

Laurentia Mariana (Fakultas Psikologi, 2012) mengaku sangat senang dan antusias mengikuti acara ini, ia pun berharap jika acara ini diadakan setiap tahun.

K-Fest Diharapkan Menjadi  Acara Tahunan dan Mengikutsertakan Masyarakat Luar

Para mahasiswa dan dosen sangat mengharapkan jika acara Knowledge Festival dijadikan acara tahunan karena dinilai acara ini sangat baik untuk mempererat tali silaturahmi antar Prodi di Unika Sogijapranata.

Berikut cuplikan pesan dan kesan dari peserta dan pengunjung Pameran Knowledge Entertainment :

“Saya harap acara ini bisa jadi acara yang rutin di Unika, dan semunya dapat ikut berpartisipasi terlibat dalam acara ini. Karena acara ini sangat baik, dapat meningkatkan semangat dari masing-masing Progdi untuk memamerkan karya-karya akademik masing-masing” jelas salah satu dosen Unika, Vincentia Ananda A.P.,S.I.Kom., M.I.Kom

“Acaranya bagus, tetapi lebih bagus lagi jika diadakan di luar kampus. Dan acara ini harus diadakan lebih baik lagi agar masyarakat tahu tentang Unika” ungkap Drs. Ignatius Dadut Setyadi M.M yang mewakili TSI Unika

“Acaranya bagus banget kita jadi mengetahui tentang Progdi yang lain dan mengetahui prestasi mereka dan bisa jadi ajang kekeluargaan Unika, kalau bisa diacara selanjutnya kita mengundang mahasiswa luar dan anak-anak dari SMA di Semarang” tutur Deddy Cezar, mahasiswa Teknik Pangan 2015.

“Semoga acara ini dapat diadakan setiap tahun dan lebih baik lagi dan teman-teman yang lain lebih banyak yang berpartisipasi” usul Etheldreda Aclenia, mahasiswa Ilmu Komunikasi 2014.

“Acara ini cukup terakomodir dengan baik dan harusnya dilaksanakan sejak lama, jadi kita mengetahui aktivitas teman-teman yang lain. Saran saya di acara ini semoga dapat diadakan lebih lama, khususnya pameran ini semoga bisa lebih dari satu hari,” himbau Laurentia Mariana, mahasiswa Psikologi 2012.

“Konsepnya asik, saya suka. Saran saya semoga acara ini bisa dibuat rutin dan kepanitiaannya lebih dilibatkan lagi kepada tiap-tiap fakultas agar informasi tentang acara ini bisa menyeluruh.” Catharina Ardanareswari (FTP)

“Acaranya bagus, bisa dilanjutkan untuk tahun depan karena kami baru ini melihat unika mengadakan acara open house seperti ini, semoga kegiatan ini bisa dibuat rutin agar kita sebagai mahasiswa Unika juga dapat mengetahui perkembangan prestasi setiap Progdi yang ada di Unika. Dan juga waktu pelaksanaannya dapat di perpanjang, lebih dari satu hari kalau bisa dua sampai tiga hari. Jaringannya juga harusnya lebih diperluas, untuk umum dan anak-anak SMA” jelas Waluyo & Johanes Chirsto, mahasiswa Teknik Elktro 2012 & 2015.

“Acara ini keren karena bisa jadi wadah dan ajang mahasiswa Unika untuk saling berkenalan, dimana setiap fakultas bisa bertemu disini, bisa menunjukkan keunggulan masing-masing, dan saling sharing tentang Progdinya masing-masing. Saran kami acara ini dapat menjadi acara tahunan dan diadakan di tempat yang indoor” ungkap Indra dan Devi, yang saat acara bertugas sebagai di MC K-Fest 2016.

Banyak juga penampilan dari berbagai fakultas, seperti misalnya : dari Fakultas Hukum dan Komunikasi memberikan penampilan UKM dance dan musik-nya. Dari Prodi DKV memperlihatkan Digital Painting dan dari Fakultas Teknologi Pertanian memperlihatkan demo memasak.  (Sit.Nar)

Kategori: ,