Mahasiswa Unika Hasilkan Game Wisata Candi
Senin, 4 April 2016 | 10:45 WIB

SM 04_04_2016 Mahasiswa Unika Hasilkan Game Wisata CandiSEMARANG – Mahasiswa Game Technology Unika Soegijapranata, Melinda Safitri dalam presentasi ujian skripsi, baru-baru ini memaparkan game wisata candi yang diberi nama Seca Candi.

Permainan digital yang dimainkan melalui gawai berbasis Android ini, merupakan bagian dari mengangkat semangat Jateng Gayeng dalam bidang pariwisata.

Selama pembuatan game Seca Candi, Melinda merasa terbantu oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah dalam memperoleh data pariwisata yang terkait dengan topik skripsinya.

Data tersebut merupakan dasar dalam menemukan filosofi dan desain permainan yang disajikan.

Topik skripsi tersebut dipilih, karena kekayaan wisata yang dimiliki Jawa Tengah, terutama candi, belum banyak diketahui anak muda. Bagian sejarah yang menarik untuk diketahui sebagai salah satu alasan untuk berkunjung, seringkali tidak pernah
mereka dengar sebelumnya.

Karena itu, Melinda merasa perlu mengubah permasalahan tersebut menjadi game sederhana yang mudah dan familiar dimainkan masyakarat melalui gawai berbasis Android.

Harapannya, game yang dihasilkan dapat berkontribusi dalam mempromosikan potensi wisata terutama candi-candi di Jawa Tengah. Permainan ini sudah tersedia dan dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Dalam rilis kepada Suara Merdeka, Ketua Program Studi Sistem Informasi dan Game Technology Unika Soegijapranata, Brenda Chandrawati MT mengatakan, pihaknya mendukung semua mahasiswa untuk berperan dalam menghasilkan solusi melalui bidang keahlian masing-masing.

Menurutnya, game merupakan salah satu jalan untuk mengedukasi masyarakat. (D9-37)

Kategori: