LKTD Fakultas Psikologi Unika Cetak Leader Tangguh serta Visioner
Rabu, 27 April 2016 | 10:20 WIB

IMG_9799Sebagai kaum muda dan penerus bangsa yang merintis masa depan di tangga perguruan tinggi, perlu adanya suatu pelatihan kepemimpinan bagi mereka agar semakin terasah jiwa kepemimpinannya. Terlebih dengan arus jaman ini yang lebih mengedepankan individualisme atau golongan serta hedonisme yang sarat dengan nilai-nilai yang bertentangan dengan budaya bangsa Indonesia.

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi Unika menjawab tantangan tersebut dengan menyelenggarakan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) pada tanggal 15 – 17 April 2016, bertempat di Wisma Kurios, Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

LKTD yang diikuti oleh 49 mahasiswa ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para mahasiswa psikologi Unika tentang dunia organisasi kampus dan kepemimpinan (leadership), serta menambah  ketrampilan softskill mahasiswa disamping kemampuan hardskill yang sudah didapat di bangku perkuliahan.

LKTD yang bertemakan “Spread Your Wing, Reach Your Sky” ini mengambil filosofi burung elang yang memiliki mata yang tajam, kepakan sayap yang kuat dan cakar yang tajam. Mata yang tajam sebagai perlambangan visioner, kepakan sayap yang kuat sebagai lambang siap terbang menuju tujuan, serta cakar yang tajam sebagai perwujudan tangguh. LKTD ini terbagi dalam enam sesi dan diisi oleh para pemateri dari kalangan alumni berpengalaman dan dosen.

LKTD ini terbagi menjadi 3 tahap, yaitu tahap pra, play, dan pasca LKTD. Pada tahap pra, para peserta diajarkan dalam seni memimpin dan menemukan jatidiri sebagai manusia yang saling bekerja sama dalam organisasi. Pada tahap play, kepada para peserta diajarkan untuk mampu mengatur diri sendiri dan orang lain serta mampu memanajemen konflik yang terjadi dalam organisasi. Disamping itu juga diadakan kegiatan outbond yang semakin mempererat hubungan dan melatih jiwa kepemimpinan dengan cara yang menyenangkan diantara para peserta. Lalu terakhir adalah tahap pasca di mana para peserta dikukuhkan secara sah telah mengikuti kegiatan LKTD 2016.(Dns)

Kategori: ,