Fokus Pada hal yang kita jalani
Jumat, 29 April 2016 | 9:05 WIB

EnggarEnggar Perkasa Hutama atau biasa dipanggil Enggar, begitulah ia biasa dipanggil oleh teman-temannya lahir pada tanggal 12 Desember 1991 adalah anak dari pasangan Teguh Budiatno dan Sri Endang Warningsih. Ia adalah alumni dari SMK 3 Semarang. jurusan Audit Video( AV).

Jurusan Teknik Elektro sangat menarik minat dari pria yang satu ini yang merupakan kelanjutan bidang yang ia geluti sewaktu menimba ilmu di SMK. Dalam kesehariannya, tidak lupa ia menyempatkan menggunakan waktunya mengasah salah satu hobinya yaitu bermain badminton.

Enggar adalah wisudawan terbaik¬† Fakultas Teknik Elektro dengan IPK 3, 08 dengan judul Tugas Akhir “Desain Maksimum Power Point Tracker (MPPT) Jenis Buck untuk Sistem Pengisian Batere”. Tugas Akhir tersebut diambil dari penelitian dosen yang dipraktekkan oleh Enggar Perkasa bersama teman-temannya. Penelitian ini sendiri bermula dari inovasi pemanfaatan sinar matahari yang nantinya dimanfaatkan sebagai energi terbarukan untuk melakukan pengisian ulang pada aki. Penelitian ini dipraktekkan oleh 3 orang meliputi Enggar sebagai pembuat rangkaian yang menghubungkan dari sel surya menuju aki sedangkan kedua orang temannya membuat rangkaian dari aki menuju pompa air dan penggabungan dari kedua alat. Banyak kendala yang ditemui saat pengerjaan penelitian untuk tugas akhir salah satunya dalam penyusunan rangkaian dimana seringnya pergantian rangkaian sehingga terkadang menimbulkan troubleshooting yang menyebabkan pengulangan dalam penyusunan rangkaian.

Selain kegiatan kuliah, Enggar juga cukup aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan salah satunya menjadi anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Elektro. Untuk mengisi waktu luangnya, dia juga pernah bekerja sebagai teknisi sound system untuk acara pernikahan dan tenaga pembuatan modul untuk praktikum siswa SMK.¬† Telah banyak pengalaman yang ia timba dalam statusya sebagai mahasiswa, untuk itu ia memiliki saran untuk para mahasiswa, baik yang sedang menjalani kuliah maupun dalam proses pengerjaan skripsi “Apabila kita sedang menjalani kuliah, fokuslah terhadap suatu hal yang kita jalani dan janganlah meninggalkan hal tersebut demi sesuatu yang tidak terlalu penting” (Calv)

Kategori: