Unika Raih Predikat PTS Terbaik
Rabu, 30 Maret 2016 | 16:50 WIB

SM 30_03_2016 Unika Raih Predikat PTS Terbaik

SEMARANG – Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata meraih predikat sebagai perguruan tinggi swasta terbaik versi pemeringkatan Kemristek Dikti. Kampus ini masuk jajaran 10 besar PTS terbaik Tanah Air dan unggulan di Jawa Tengah.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap pencapaian itu, Unika menyemarakkan dengan menggelar forum Knowledge Festival 2016. ”Forum ini sekaligus etalase pencapaian akademik kampus ini. Ada keinginan membuktikan prestasi itu dengan senyata-nyatanya kiprah keilmuan. Bentuknya melalui forum ini yang mencakup apresiasi atas perolehan predikat kampus terbaik,” kata Rektor Prof Dr Budi Widianarko, di sela-sela Knowledge Festival, kemarin.

Ajang ini menyertakan banyak karya ilmiah para dosen. Artikel yang bersifat individual milik doktor dan guru besar dikaji pada forum ini. Ada 40 artikel dari penelitian terbaik yang dipresentasikan, sehingga masyarakat bisa menilai kiprah Unika. Benarkah kampus itu berada pada deretan 10 terbaik PTS di Indonesia dan terbaik di Jateng.

Agenda kemarin sekaligus diawali seminar Knowledge to Transform di Gedung Thomas Aquinas, salah satu pemateri Prof Dr Budi Widianarko.

Model Pembelajaran
Wakil Rektor I Unika, Agustina Sulastri yang juga dosen muda berprestasi mengemukakan, saat ini diperlukan model-model pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa. Misalnya, model collaborative learning, service learning dan problem based learning di beberapa kelas.

”Model pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa sudah saatnya dibangun kemandirian, terutama dalam mencari sumber belajar. Misalnya, kerja sama dengan teman,” tuturnya.

Model yang diterapkan di Unika ini juga menjadi salah satu penilaian dalam pemeringkatan perkuliahan terbaik. Seminar Knowledge to Tranform kemarin juga mengundang Direktur Belmawa Kemenristek Dikti Dr Paristiyanati yang memaparkan tentang Arah dan Kebijakan Kemristek Dikti dalam era MEA. Unika menyelenggarakan kegiatan ini selama dua hari, 29-30 Maret. (H41-37) – (SM 30/03/2016, hal. 22)

Kategori: