Unika Peduli Gizi Warga
Kamis, 10 Maret 2016 | 8:33 WIB

SM 08_03_2016 Unika Peduli Gizi Warga

SEMARANG- Indonesia saat ini menghadapi berbagai masalah kesehatan dan masalah gizi yang belum terselesaikan.

Tidak hanya mencakup kekurangan gizi, tetapi juga obesitas. Hal itu dikemukakan dosen sekaligus pakar Fakultas Teknologi Pangan Unika Soegijapranata, Dr Ch Retnaningsih.

’’Berkenaan itu pada Hari Gizi nasional, kami mengadakan acara Unika memperingati Hari Gizi (Unimazi). Acara ini mengambil tempat di Balai RW VI, Deliksari Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati Semarang. Forum ini bagian dari kepedulian Unika terhadap kondisi gizi masyarakat,’’tuturnya.

Dia mengingatkan, dewasa ini banyak makanan yang diperjualbelikan mengandung bahan pengawet yang tidak baik bagi kesehatan.

Penyuluhan ini, bertujuan memberikan pemahaman kepada warga untuk menggantikan makanan yang diperjualbelikan dengan makanan bergizi.

Tidak hanya itu, forum tersebut juga memberikan saran makanan yang mengandung nilai gizi tinggi dengan pengolahannya yang tepat. Retnaningsih mengajak para ibu memperhatikan gizi dan kesehatan anak-anak. Keinginannya, mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Tak lupa diajarkan menghitung berat badan ideal dari tinggi badan.

Banyak pertanyaan yang dilontarkan warga, salah satunya apakah mengkonsumsi makanan mengandung penyedap berisiko muncul masalah kesehatan. ’’Penyedap adalah bahan pengawet yang sering ada di bahan pangan, terutama di makanan ringan. Untuk jangka panjang konsumsi MSG berlebih dapat
menurunkan kesehatan lantaran risiko kanker dan penyakit berbahaya lainnya,’’ imbuhnya. (H41-71)

Kategori: