Sukseskan MEA, Unika Gandeng PT Asing
Jumat, 11 Maret 2016 | 13:54 WIB

JTP 11_03_2016 Sukseskan MEA, Unika Gandeng PT Asing
SEMARANG -Masuknya pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di tahun 2016 ini tak hanya membuat cemas para pengusaha, namun juga mengundang perhatian serius kalangan akademisi di wilayah ASEAN.

Mereka juga ingin ikut andil membantu permasalahan pasar bebas dalam MEA ini di antaranya mengawalinya dengan menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi (PT) di wilayah ASEAN.

Seperti yang dilakukan Kampus Unika Soegijapranata terkait MEA kemarin melakukan kerjasama riset intra – ASEAN atau Intra Asean Research Collaboration Initiative (IARCI). Di mana Unika menggandeng dua perguruan tinggi San Carlos University di Cebu Filipina dan Assumption University di Bangkok Thailand. Kerjasama dilakukan di Kampus Unika Soegijapranata di Bendhan Dhuwur.

"Memang benar. Terkait ramainya orang membicarakan MEA, kita dari akademisi juga membantu huhungan baik di masing-masing negaranya lewat kerjasama. Kerjasama antar perguruan tinggi penting khususnya di wilayah ASEAN, agar hubungannya baik sehingga perdagangan juga human serta risetnya anta negeranya juga bisa berkembang," jelas Rektor Unika Prof Budi Widianarko di sela acara kerjasama di Kampus Unika, kemarin.

Pakar Teknologi Pangan, Manajemen dan Akuntansi Unika ini mengatakan, untuk kerjasama riset antar dua negara ini difokuskan pada studi banding dan studi identifikasi keunggulan ASEAN. Guna menunjang pelaksanaan riset, saat ini Unika Soegijapranata juga telah mengirim sejumlah visiting scholar (ilmuwan dan dosen tamu) ke sejumlah universitas mitra di Thailand dan Filipina. (gus/mar)

JATENG POS Jumat, 11 Maret 2016

Kategori: