PMLP Unika Undang Pakar Sampah Plastik Dari Nederland
Selasa, 1 Maret 2016 | 11:14 WIB

IMG_5397Setiap tahunnya terdapat delapan juta ton plastik di lautan. Dampak pemakaian plastik ini  sudah menjadi perhatian oleh banyak negara. Menyikapi  masalah lingkungan ini Program Magister Lingkungan & Perkotaan (PMLP) Unika Soegijapranata mengadakan kuliah umum dan diskusi Lingkungan bersama Dr. Gijsbert Tweehuysen sebagai President of Waste Free Waters, Netherlands dan Ir. Dieke Van der Gugten dari The Ocean Clean up dengan moderator Prof. Dr. Y Budi Widianarko, M.Sc (29/2) di ruang seminar LPPM, Gedung Mikael lantai 4.

Dalam diskusi ini dihadiri perwakilan dari SIMA, PDAM, Pemerintahan, ESDM, Badan Lingkungan Hidup Semarang, Jurnalis dan juga para dosen serta mahasiswa. Topik utama dalam diskusi ini adalah pencegahan sampah plastik di perairan (laut). Gerakan “The Ocean Clean Up” dipimpin oleh Boyan Slat walaupun usianya masih dikatakan muda, namun memiliki visi besar yaitu berjuang membersihkan sampah plastik di laut selama hampir 10 tahun.

Ir. Dieke Van der Gugten memaparkan salah satu kegiatan yang sedang dilakukan oleh Ocean Clean Up yaitu pemasangan barrier di laut lepas. Barrier ini berbentuk sperti huruf V yang berfungsi seperti jala untuk menghalangi plastik-plastik yang mengambang diperairan supaya sampah ini tidak hanyut ke laut lepas.

Demikian halnya, Dr. Gijsbert Tweehuysen juga membagikan ilmunya mengenai pengurangan dampak sampah plastik bagi lingkungan. “Ada tiga langkah pencegahan (preventif) yaitu Concentrate yang berarti memfokuskan tenaga untuk membuang sampah atau memungut sampah; Isolate yaitu mengatur sampah plastik sedemikian rupa supaya tidak tersebar diberbagai  tempat; dan Validate yaitu tindakan mengurangi pemakaian plastik misalnya mengurangi pemakaian kantong plastik dari supermarket atau mendaur ulang plastik menjadi produk baru, atau produk daur ulang lainnya,” jelasnya.

Kuliah umum dan diskusi ini diadakan sebagai langkah awal dalam kuliah lanjutan PMLP nantinya yang bernama Riverine Cruise yaitu studi lapangan mengenai perairan laut dan sungai-sungai di Semarang. Diharapkan para mahasiswa dan dosen dapat berkontribusi untuk pengelolaan lingkungan, khususnya mengenai kebersihan perairan. (jow)

Kategori: ,