Mudahkan Komunikasi Gubernur dan Follower
Rabu, 23 Maret 2016 | 18:17 WIB

TRBJ 23_03_2016 Mudahkan Komunikasi Gubernur dan Folower

DR RIDWAN SANJAYA SE SKOM MS IEC
DOSEN SISTEM INFORMASI UNIKA SOEGIJAPRANATA
PENULIS BUKU ‘PANDUAN CEPAN MENGUASAI TWITTER’

APLIKASI yang dijanjikan oleh Twitter untuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, kemungkinan terkait dengan pekerjaan Ganjar dalam mengelola data komunikasi gubernur dan warganya. Dengan aktivitas gubernur melalui Twitter yang cukup tinggi, tentunya membutuhkan alat bantu yang tidak semata-mata perihal jawab-menjawab keluhan dan menerima masukan, tetapi juga menghasilkan summary keluhan dan masukan yang diterima ke dalam bentuk laporan yang bisa ditindaklanjuti.

Seperti yang disampaikan oleh Pak Ganjar ke beberapa Bupati, saat pelantikan Bupati Grobogan, Sri Sumarni, Seap tweet dan respons yang ditulis oleh stafnya tentunya haws dapat dibaca dan di-pantau dengan mudah oleh tiap kepala daerah.-nin (21/3) lalu, jika tidak sanggup mengelola sendiri, akun Twitter bisa diserahkan ke staf yang mampu. Namun, setiap tweet dan respons yang ditulis oleh stafnya tentunya harus dapat dibaca dan dipantau dengan mudah oleh tiap kepala daerah.

Alangkah indahnya jika apIikasi yang dijanjikan Twitter nantinya juga memudahkan akun gubernur, @ganjarpranowo, dalam memention atau mendistribusikan ke pihak terkait untuk ditindak-lanjuti sehingga transparansi dalam komunikasi dapat terlihat oleh warga yang menyampaikan keluhan dan masukan.

Selain itu, respons dan tindaklanjut tersebut dapat digenerate menjadi statistik dan Key Prformance Indicators (KPI) dalam mengukur performa kinerja tiap unit ter kait. (val) (Tribun Jateng 23 Maret 2016, hal. 9, 17)

Kategori: