Kuliah Umum Prodi Ilmu Komunikasi – KOMUNIKASI POLITIK PRESIDEN JOKOWI: SUBSTANSI DAN STRATEGI
Senin, 21 Maret 2016 | 12:29 WIB

Kuliah Umum Komunikasi

Dengan bahasan:
1. Substansi komunikasi politik Presiden Jokowi Widodo
2. Strategi yang telah dan akan ditempuh
3. Respon dari berbagai pemangku kepentingan (parlemen, partai politik, berbagai kelompok kepentingan dan penekan serta masyarakat)
4. Tantangan dan harapan komunikasi politik

Pembicara
Bp. Eko Sulistyo
Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi
Kantor Staf Presiden RI

Pelaksanaan:
Senin, 28 Maret 2016 | Pukul : 09.00-11.00 wib | Ruang teater Thomas Aquinas lantai 2 UNIKA Soegijapranata
Jln. Pawiyatan Luhur IV/1 Bendan Duwur Semarang

Peserta:
Dosen dan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Hukum dan Komunikasi 
Dosen dan Mahasiswa UNIKA Soegijapranata

Pengantar
Salah satu tugas Kepala Negara dan atau Kepala Pemerintahan adalah melakukan komunikasi dengan rakyat dan pemangku kepentingan lainnya seperti parlemen, partai politik, berbagai kelompok kepentingan dan penekan serta masyarakat.
Tujuannya, agar program kerja yang telah ditawarkan saat kampanye dapat dilaksanakan dengan dukungan penuh berbagai pemangku kepentingan.
Komunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan dikenal sebagai komunikasi politik. Komunikasi politik mencakup aspek-aspek komunikasi massa dan komunikasi interpersonal (Jennings Bryant dan Erika J. Pribanic-Smith, 2014) yang akan mempengaruhi opini dan penilaian publik akan kinerja Kepala Negara/Kepala Pemerintahan.

Tiap Kepala Negara/Kepala Pemerintahan memiliki substansi dan strategi yang berbeda satu sama lain dalam menyelenggarakan komunikasi politik semasa memerintah. Presiden Joko Widodo yang saat kampanye mengusung NAWACITA, dinilai banyak kalangan memiliki keunikan dalam melaksanakan komunikasi politik. Keunikan tersebut menjadi bahan menarik untuk dikaji dalam riset-riset di kalangan pengajar dan mahasiswa ilmu komunikasi.
Perjalanan komunikasi politik Presiden Jokowi Widodo sampai saat ini dan yang akan dilaksanakan menjadi kebutuhan pengajar dan mahasiswa di program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Hukum dan Komunikasi UNIKA Soegijapranata dalam kuliah umum semester II 2015/2016.


Kategori: