Inilah Kunci Keberhasilan Online
Senin, 7 Maret 2016 | 9:22 WIB

KR 04_03_2016 Inilah Kunci keberhasilan OnlineSEMARANG (KRjogja)- Dosen sistem informasi Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang Dr Ridwan Sanjaya menyatakan saat sangat banyak penjualan barang dan jasa secara online. Tetapi banyak pula yang digarap asal-asalan sehingga banyak pula yang tidak bisa bertahan lama.

Kepada pers di kampus setempat Jumat (04/03/2016) Dr Ridwan Sanjaya menyebutkan, salah satu faktor yang sering kurang diperhatikan menyangkut respon yang baik dan cepat jika ada customer yang melakukan kontak ke toko atau penjualan online (online marketplace).

"Salah satu kunci keberhasilan adalah respon pedagang dalam menanggapi pertanyaan konsumen dan mengantisipasi kesalahan melalui jalur komunikasi yang disediakan oleh online marketplace" ujar Dr Ridwan Sanjaya yang belum lama ini juga tampil menjadi narasumber pelatihan workshop Strategi Memulai Toko Online Cepat dan Singkat yang diselenggarakan EduKadin di Gedung Plaza Telkom Lantai 2 Semarang dengan peserta sejumlah UMKM di Jateng.

Dr Ridwan juga berharap para pelaku UMKM yang melakukan penjualan online senantiasa belajar akan perkembangan ilmu online marketing, termasuk belajar dari toko toko online besar di negeri ini. Ada toko online terkemuka di Indonesia yang menyediakan fitur dimana antara penjual dan pembeli dapat melakukan komunikasi dengan mudah melalui aplikasi toko online tersebut yang disediakan untuk gawai.

"Setiap komplain, klarifikasi, dan konfirmasi dapat dikawal dengan baik oleh kedua belah pihak secara intensif. Dengan lancarnya jalur komunikasi, antisipasi kesalahpahaman dan penyelesaian yang baik dapat dilakukan oleh keduanya" ujarnya seraya menambahkan setiap transaksi yang sukses menjadi nilai tambah bagi penjual di mata konsumen.

Menurut Direktur Edukadin, Agustina Devi, jumlah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang mengikuti workshop pengembangan toko online setiap tahunnya bertambah. Hal ini menunjukkan UMKM tidak terlambat menyikapi perkembangan dalam dunia bisnis dan memahami kalau jalur online merupakan pasar sangat besar dan terbuka lebar bagi para pelaku usaha UMKM. (Sgi)

Tautan : http://krjogja.com

Kategori: