Gabung Unika Lewat Jalur Prestasi
Jumat, 4 Maret 2016 | 12:03 WIB

Kompas 04_03_2016 Gabung Unika lewat Jalur Prestasi
Jalur Prestasi di perguruan tinggi sering menjadi kesempatan bagi siswa SMA di tahun terakhir untuk masuk dunia perkuliahan tanpa melalui tes masuk. Jatur itu juga sekaligus membuka kesempatan memperoleh beasiswa parsial.

Pada Jumat (26/2), Lenny Setyowati, Kepala Unit Rekrutmen Mahasiswa di Unika Soegijapranata menyampaikan bahwa kampusnya membuka kesempatan terakhir Jalur Prestasi hingga 1 April 2016. Setelah tanggal itu, penerimaan mahasiswa menjadi ke jalur reguler.

Kata Lenny, siswa dapat menghubungi Guru Bimbingan Konseling (BK) di sekolah untuk meminta formulir pendaftaran atau memanfaatkan sistem pendaftaran mahasiswa baru di pmb.unika.ac.id. Yang perlu dipersiapkan adalah rapor hingga semester terakhir dengan nilai minimal 70.

Bagi siswa yang memiliki prestasi kejuaraan baik di bidang olahraga maupun akademik, dapat menyertakan sertifikatnya. Menurut Lenny, jaiur masuk bagi siswa berprestasi ini merupakan slogan Unika Soegijapranata, “Talenta Pro Patria et Humanitate” yang artinya bakat untuk Tanah Air dan kemanusiaan.

Sekadar catatan proporsi mahasiswa baru yang masuk dari Jatur Prestasi dari tahun ke tahun semakin meningkat Terutama sejak Kementerian Riset dan Dikti merilis Unika Soegijapranata masuk dalam peringkat utama (Primer) penelitian nasional dan menjadi salah satu 10 PTS terbaik di Indonesia.

Teknologi Pangan, Psikologi, Arsitektur, Akuntansi, dan Manajemen merupakan program studi yang jadi favorit siswa. Ada pula Sistem Informasi, Game Technology, Teknik informatika, Hukum, Komunikasi, Sipil, Elektro, DKV, Sastra Inggris dan D3 Perpajakan.

Lenny berharap, seperti yang sudah-sudah, siswa dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia dapat memanfaatkan Jatur Prestasi ini untuk bergabung ke Unika Soegijapranata sehingga bakat-bakat dari berbagai daerah bisa berkembang di kampus tersebut. (Kompas)

Kategori: ,