FHK Unika Bahas Komunikasi Politik Presiden Jokowi
Senin, 28 Maret 2016 | 16:26 WIB

DSC_0035Kuliah umum Fakultas Hukum dan Komunikasi dengan tema “Mengenal Komunikasi Politik Presiden Jokowi Substansi dan strategi” telah dilaksanakan pada Senin (28/3), bertempat di Ruang Theater Gedung Thomas Aquinas Lt.3, Unika Soegijapranata.

Dalam kegiatan ini mahasiswa Fakultas Hukum dan Komunikasi (FHK) di ajak mengenal lebih dekat cara berkomunikasi politik seperti yang dilakukan oleh Presiden Jokowi.

Diundang sebagai narasumber dalam kegiatan kuliah umum ini, Bapak Eko Sulistyo selaku Deputi IV bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden RI.

Dalam materinya Eko Sulistyo atau lebih akrab di panggil Pak Eko telah membahas hal-hal yang terkait dengan komunikasi politik. Adapun Inti dari komunikasi politik itu sendiri adalah “meyakinkan” khalayak, dan inilah salah satu contoh hal yang di pakai Presiden kita dalam melakukan pidato-pidatonya.

“Presiden Jokowi sendiri memiliki cara unik dalam menyampaikan pidatonya, berbeda dengan pemimpin negara lainnya, Jokowi lebih memilih menggunakan slide di dalam pidatonya, dan hal ini terbukti memancing responden lebih banyak,” ucap Eko.

Di kegiatan kuliah umum ini, Pak Eko juga membahas tentang pembangunan yang sedang dilakukan oleh Presiden  Jokowi, serta penggunaan sosial media yang di lakukan Presiden Jokowi untuk mengontrol politik yang ada di indonesia.

Jelas hal yang dilakukan Presiden Jokowi mendapat respon dari masyarakat dan media. Sebagai contohnya adalah adanya edisi laporan khusus tentang Jokowi  di majalah The Economist pada tanggal 27 Februari 2016, yang memunculkan tulisan “Jokowi has made a career of defying expectations, and he is playing a long time.”

Lebih jauh, jika dilihat dari muatan materi yang dipaparkan oleh Pak Eko, ternyata direspon positif oleh seluruh peserta, karena dari sisi pengetahuan, materi  kegiatan kuliah umum ini jelas memberikan pengetahuan baru kepada para peserta.

“Kegiatan ini memberikan banyak informasi dan pengetahuan baru terutama mengenai komunikasi politik Presiden Jokowi. Bukan hanya itu, pembicaranya juga memberikan banyak pengetahuan baru, terutama di bidang pemerintahan indonesia.” ucap Daniel Arianto, salah satu peserta  kegiatan kuliah umum ini. (R.JEFF)

Kategori: ,