Workshop Purna Karya Unika
Kamis, 4 Februari 2016 | 15:28 WIB

IMG_4952Workshop tentang persiapan pensiun tenaga kependidikan Unika, telah diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia (LPSDM) Unika Soegijapranata pada hari Rabu (3/1), bertempat di ruang pertemuan perpustakaan, gedung Thomas Aquinas lantai 2 Unika Soegijapranata.

Turut diundang dalam acara tersebut 2 Pembicara Evi Dyah Pratitis, S.Psi., Psikolog dan Nunuk Wahyu Candra Yanti, S.K.M dari Yayasan Purba Danarta untuk memberikan pembekalan materi tentang psikologi dan manajemen keuangan kepada para tenaga kependidikan yang mengikuti acara tersebut.

“Tujuan diadakannya workshop ini adalah untuk mempersiapkan tenaga kependidikan yang akan memasuki masa pensiun, sehingga materi yang dipilih yang disesuaikan dengan aspek psikologis, aspek manajemen keuangan, dan aspek wirausaha,” jelas Valentinus Suroto, SH., MH sebagai kepala LPSDM Unika Soegijapranata.

“Disamping mendapat materi dari dua pembicara dari yayasan Purba Danarta, para peserta juga mendapat pelatihan dari dosen FTP Unika, tentang cara membuat ice cream, dengan tujuan supaya setelah pelatihan para peserta dapat mempraktekkan dan mengembangkan ketrampilannya untuk keperluan sendiri atau mengembangkan usaha,”imbuh Valentinus Suroto.

“Informasi lain, bahwa pada tanggal 8 Januari 2016, telah terbentuk paguyuban purna karya Unika walaupun belum mempunyai nama, tapi melalui wadah ini kita bisa melakukan evaluasi atau pendampingan supaya  selalu tetap terjalin komunikasi yang baik dengan Unika dalam banyak hal,” tandasnya.

Saat ditanya tentang respon peserta secara psikologis, Evi Dyah Pratitis sebagai pembicara pertama menjelaskan, “Sebagian besar peserta tampak antusias dan terlibat aktif dalam kegiatan, selain itu jika dilihat dari tampilan luarnya, para peserta masih tampak happy, tetapi belum mengungkap perasaan yang sebenarnya. Oleh karena itu kami perlu mengenalkan kepada para peserta tentang tahapan psikologis yang akan muncul menjelang purna karya (pensiun-red), supaya mereka siap dan bisa melakukan aktifitas yang positif bagi kehidupan mereka, termasuk dalam hal manajemen keuangan” ungkapnya. (Fas)

Kategori: