Unika Padukan Riset dan Praktik Profesi
Senin, 1 Februari 2016 | 10:33 WIB

SM 30_01_2016 Unika Padukan Riset dan Praktik ProfesiSEMARANG – Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata memadukan konsep perkuliahan, riset, dan praktik profesi dalam satu wadah. Untuk mendukung konsep itu, hampir setiap fakultas di kampus itu diperkuat pusat keilmuan terapan.

"Keinginannya, melalui fakultas serta pembentukan pusat keilmuan terapan, muncul keterpaduan kuliah, riset, hingga pemahaman mahasiswa tentang fungsi dan peranan disiplin ilmu yang sedang ditempuh. Sebagai contoh, mereka yang sedang mengambil kuliah ilmu psikologi, ke depan bakal kian paham tentang profesi psikolog. Selain itu juga aktivitas yang harus dijalani," tutur Rektor Prof Dr Y Budi Widianarko, usai peresmian Gedung Teresa yang akan ditempati Pusat Psikologi Terapan (PTP) Unika, Jumat (29/1).

Hadir Ketua Pembina Yayasan Sandjojo Romo Dr P Wiryono Prijotamtomo, Ketua Yayasan Sandjojo Prof Dr Magdalena Sidhartani Zain, Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah VI Sri Sujanti, wakil rektor, dekan, dan dosen.

PTP adalah bagian dari pusat studi dan pengabdian masyarakat milik Unika yang melayani persoalan psikologi. Berdiri semenjak 1989 di kawasan Jalan Imam Bonjol, lokasinya resmi dipindah menyatu dengan areal kampus di Bendanduwur. Menurut rektor, perpindahan layanan yang dipusatkan menyatu dengan fakultas juga berkenaan untuk menunjang prinsip keterpaduan perkuliahan, riset, dan praktik profesi.

Memantik Tabiat
"Manfaat penyatuan unit-unit ini yang masukdalam kam-pus ternyata sangat besar. Meminjam istilah student ekspose, keberadaan PTP bakal makin menggugah keingintahuan mahasiswa saat mereka melintasi ruang konseling," katanya didampingi Direktur PTP Ferdinand Hindiarto, kemarin.

Mahasiswa menjadi penasaran dan serius bertanya sehubungan ramainya aktivitas PTP. Selebihnya akan memantik tabiat akademis seperti muncul diskusi, riset, atau sekadar aktif mengunjungi PTP untuk melihat praktik profesi konseling dan bimbingan psikologi.

Ferdinand menambahkan, PTP bernaung di bawah Fakultas Psikologi. Institusi ini selain peduli pada kajian riset di bidang psikologi juga melayani konsultasi di pendidikan, anak, dewasa bahkan organisasi. Lembaga ini sekaligus menjadi wadah kaum profesional untuk kian mengembangkan keilnuannya. (H41-95)

Kategori: