Rayakan Valentine, International Office Unika Undang Pakar Cokelat
Jumat, 12 Februari 2016 | 13:01 WIB

IMG_5088International Office Unika Soegijapranata telah menyelenggarakan Seminar dan WorkshopValentine’s Day Cultural Event” pada hari Kamis (11/2), bertempat di Gedung Mikael lantai 4, Unika Soegijapranata. Acara tersebut dilangsungkan mulai pukul 10.30 hingga 14.30, dan dihadiri oleh 3 darmasiswa Unika yaitu 2 mahasiswa dari Yaman dan 1 mahasiswa dari Papua Nugini serta para mahasiswa dari berbagai fakultas di Unika. Selain seminar dan workshop membuat cokelat, pada kegiatan ini juga diadakan lomba membaca puisi dalam bahasa inggris.

Acara seminar yang dikemas dalam bentuk talkshow ini menghadirkan Thomas Budi, Ed.D mewakili The Soegijapranata Institute (TSI) Unika Soegijapranata. Dalam talkshow tersebut Thomas Budi  menjelaskan tentang sejarah valentine dan pandangan Gereja tentang valentine dari sisi religiusitas. Selain itu salah seorang darmasiswa dari Papua Nugini, Sebastian Yuwette juga membagikan pengalaman perayaan valentine di Papua Nugini. “Saat perayaan valentine di Papua Nugini, biasanya ada peragaan busana tradisional dan selanjutnya kami makan babi panggang bersama-sama. Ada juga beberapa industri kecil rumah tangga yang menjual produk makanan atau kerajinan rumah tangga ” ujar Sebastian.

Sementara Darmasiswa dari Yaman, Mubarak Yahya dan Ahmed Hasan Abker mengakui bahwa mereka baru kali ini merayakan valentine. “Awalnya saya mengira, acara ini akan penuh dengan orang dan iringan musik, seperti pesta, namun ternyata hanya seminar”tandas Ahmed. “Sebagian orang di negara saya, menganggap valentine itu haram dan saya sendiri tidak pernah merayakan sebelumnya. Tapi semangat kasih sayangnya itu bagus, mungkin hal itu yang akan saya bawa ke Yaman.“imbuhnya.

Seminar dan workshop seperti ini baru pertama kali diadakan oleh International Office (IO) Unika Soegijapranata. “ Dari IO sendiri bertujuan untuk memperkenalkan darmasiswa yang ada di Unika kepada warga Unika  dan masyarakat. Setidaknya ada 10 orang darmasiswa yang studi di Unika, namun hanya 3 yang masih tinggal sedangkan 7 orang mahasiswa lainnya sedang berlibur. Maka sudah menjadi tugas dari International Office untuk mengadakan acara seperti diskusi tentang kebudayaan, salah satunya adalah Valentine’s Day Cultural Event sekarang ini,” papar Dr. Ekawati Marhaenny Dukut, M. Hum., selaku kepala International Office Unika Soegijapranata.

Acara dilanjutkan dengan workshop bagaimana mengkreasikan cokelat, bersama seorang pakar pembuat cokelat dari Yogyakarta. Para peserta tampak sangat antusias dalam membuat cokelat yang dicetak dalam berbagai bentuk, dan pada penghujung acara, diumumkan pula pemenang lomba membaca puisi. (lic)

Kategori: ,