Prodi Ilmu Hukum akan menampilkan capaian yang diperoleh selama ini di Knowledge Festival
Jumat, 19 Februari 2016 | 13:27 WIB

antonius_01Dalam rangka menyambut knowledge Festival pada tanggal 29 dan 30 Maret 2016, Program Studi Ilmu Hukum sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan telah mempersiapkan diri untuk menampilkan capaian yang diperolehnya selama ini. Knowledge Festival ini merupakan ajang kegiatan yang sangat tepat untuk menyebarluaskan kegiatan, capaian dan prestasi dari dosen dan mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum. Dengan demikian diharapkan akan memberikan semangat dan kebanggaan bagi dosen dan mahasiswa atas aktivitas dan pencapaiannya sebagai program studi yang memiliki nilai akreditasi A. Sebagai program studi yang memiliki nilai akreditasi A berdasarkan SK BAN-PT No.001/BAN-PT/Ak-XII/S1/III/2009 yang berlaku sampai dengan tanggal 8 Desember 2019, maka ada kewajiban untuk terus mempertahankannya melalui kegiatan pengajaran, penelitian, pengabdian oleh dosen, dan pelibatan atau kegiatan mahasiswa melalui Himpunan Mahasiswa Program Studi.

Salah satu kekuatan program ilmu hukum adalah misinya untuk mengembangkan hukum dan ilmu hukum yang peduli terhadap lingkungan dan kelompok masyarakat yang termarginal dan difabel terutama perempuan dan anak. Misi ini telah dilakukan melalui berbagai kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian. Di bidang akademik, akan ditampilkan  buku panduan atau buku ajar yang merupakan hasil dan pendukung dari proses belajar-mengajar dari para dosen.

Untuk mendukung kegiatan belajar mahasiswa rencananya juga akan dipamerkan kegiatan laboratorium hukum, khususnya simulasi peradilan semu melalui pemutaran video singkat. Selain itu, karya-karya penelitian mahasiswa dan kegiatan mahasiswa dalam bentuk service learning atau kunjungan lapangan ke Lapas Perempuan dan Anak juga akan ditampilkan.

Di bidang penelitian, juga akan disampaikan hasil penelitian para dosen yang topik penelitiannya terkait dengan misi prodi ilmu hukum dan juga topik-topik lain di bidang ilmu hukum baik yang didanai oleh DIKTI atau lembaga lain (di tingkat nasional dan internasional), dan didanai oleh universitas. Selain itu, artikel ilmiah dari para dosen yang pernah diterbitkan dalam jurnal nasional maupun internasional juga akan ditampilkan.

Selanjutnya, hasil kegiatan pengabdian di program studi ilmu hukum baik berupa kegiatan yang dilakukan secara terstruktur di BKBH berupa konsultasi dan bantuan hukum dan juga kegiatan pengabdian yang tidak terstruktur dengan melibatkan dosen dan mahasiswa di beberapa lokasi juga akan ditampilkan. 

Untuk mengisi seminar dalam knowledge festival, para dosen juga akan memaparkan kegiatan mereka melalui hasil penelitian dan capaiannya selama ini, dan juga kegiatan penelitian yang sedang berlangsung. 

Kategori: