Perekonomian Indonesia Diprediksi Semester Dua Membaik
Kamis, 11 Februari 2016 | 8:05 WIB

KONDISI EKONOMI

SLPos 11_02_2016 Perekonomian Indonesia DiprediksiSemester dua MembaikSEMARANG – Ekonom dari Unika Soegijapranata Semarang, Jawa Tengah, Shandy Jannifer Matitaputty memprediksi kondisi ekonomi nasional akan membaik pada semester dua 2016.

“Paling tidak awal semester dua tahun ini prediksi saya kondisi ekonomi nasional termasuk salah satunya Jawa Tengah akan membaik,” katanya di Semarang, Rabu (10/2/2016).

Menurut dia, salah satu perbaikan kondisi ekonomi tersebut akan terlihat dari menguatnya mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Meski demikian, pihaknya pesimistis level mata uang rupiah akan kembali ke level semula yaitu di kisaran Rp11.000-Rp12.000/dolar AS.  Menurut dia, menguatnya rupiah tetap berada di level Rp13.000-an/dolar AS.

Shandy mengatakan penguatan tersebut seiring dengan proyek-proyek infrastruktur yang gencar dilakukan oleh pemerintah sehingga berdampak pada tertariknya investor asing untuk masuk ke Indonesia.

“Respons dari investor yang cukup baik, terbukti banyak pengusaha dari luar negeri yang tertarik dengan Indonesia,” katanya.

Sementara itu, terkait dengan wacana mata uang bersama ASEAN untuk mengantisipasi fluktuasi nilai mata uang tersebut Shandy mengatakan langkah tersebut tidak perlu dilakukan.

“Selama sebuah negara optimistis dengan kekuatan mata uang mereka tidak perlu ada mata uang bersama ASEAN,” katanya.

Oleh karena itu, ia berharap pemerintah terus memperkuat kondisi ekonomi di dalam negeri termasuk faktor penunjangnya.

“Sejauh ini kinerja Pemerintah juga baik sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah meningkat belakangan ini. Kondisi seperti ini harus dipertahankan,” katanya.

Tautan : http://gaul.solopos.com

Kategori: