Pemimpin Tidak Sekedar Seorang Manager
Senin, 1 Februari 2016 | 17:07 WIB

SM 01_02_2016 Pemimpin Tidak Sekedar Seorang ManagerSEMARANG, suaramerdeka – Sebuah perusahaan yang besar, butuh seorang yang bisa memimpin tidak hanya menjadi manager. Praktisi Sumber Daya Manusia B Sigit Suryanto menyatakan, ada lima tingkat pemimpin yaitu, position, permission, production, people development dan pinnacle.

“Pemimpin tingkat pertama, orang mengikuti karena memang harus seperti itu. Tingkat kedua, orang mengikuti karena butuh seorang pemimpin. Ketiga orang mengikuti karena apa yang telah pemimpin lakukan terhadap organisasi. Level keempat, orang mengikuti karena apa yang telah pemimpin lakukan terhadap mereka dan terakhir, orang mengikuti karena siapa pemimpin itu dan apa yang diwakilinya atau perusahaannya,” kata Sigit dalam Forum Bisnis Developing Future Leader di Kampus Unika Soegijapranata, belum lama ini.

Kepemimpinan menurutnya ada dua, yaitu karena sifat bawaan yang dibawa dari lahir dan ketrampilannya dalam memimpin. Yang berdasarkan Nature karena bawaan, merupakan nilai tambahan tapi tidak cukup untuk menjadikan pemimpin yang baik. Sedangkan kepemimpinan dari ketrampilan yang mendukung yang melalui proses pembinaan (nurture) agar dapat berkembang dengan baik.

“Orangtua biologis yang seorang pemimpun menurunkan 24 persen, kepada anaknya kemungkinan menjadi pemimpin,” tambahnya.

Ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh pemimpin lanjut Sigit, di antaranya integrity, ethical behavior, visionary, cimmunicator, common sense, charismatic, competent, passionate, sense of urgency, realistic knowledgeable, discipline dan motivator. Yang tidak boleh dimiliki, adalah keserakahan karena akan menghancurkan perusahaan atau organisasi.

Sedangkan manager, adalah seorang pekerja yang merancang, mengorganisir, memberi perintah dan kontrol pekerjaan pekerja lainnya dan dia bertanggungjawab bagi staf di departemennya. Dia juga lanjutnya, harus melakukan tindakan dan keputusan dalam waktu dan informasi yang terbatas.

“Manager lebih pada mengeluarkan target dan perintah sedangkan pemimpin mencari kesempatan untuk perusahaan ke depan. Leader adalah orang yang mampu membawa organisasi bertumbuh secara berkesinambungan sedangkan manager adalah orang yang mampu mencapai kinerja organisasi secara optimal sesuai skala organisasi,” ujar pria itu dalam Forum Bisnis yang diikuti oleh civitas akademika Unika Soegijapranata.

sumber : berita.suaramerdeka.com

Kategori: