Manajer Butuh Kemampuan Leadership
Selasa, 2 Februari 2016 | 15:29 WIB

WWS 01_02_2016 Manajer Butuh kemampuan Leadership

SEMARANG – Tidak semua manajer yang baik adalah leader atau pemimpin yang hebat, dan tidak semua leader yang hebat bisa menjadi manajer yang baik. Leader adalah orang yang mampu membawa organisasi bertumbuh secara berkesinambungan, sementara manajer merupakan orang
yang mampu mencapai kinerja organisasi secara optimal sesuai skala organisasi.

“Ada perbedaan yang cukup besar antara leader dan manajer. Seorang leader melakukan inovasi, sedangkan manajer mengelola. Jika harus memilih, maka kita membutuhkan seorang manager dengan kemampuan leadership yang baik,” papar Sigit Suryanto, Manager HRD sekaligus motivator dalam forum bisnis Unika Soegijapranata,” Developing Future Leaders” di kampus Unika Bendan Dhuwur Semarang, kemarin.

Lebih lanjut disampaikannya, manajer adalah seseorang yang mengelola dan mengatur sumber daya. Sumber daya tersebut dapat berupa uang, aset, orang, stok, metode kerja, dan waktu, sementara leader adalah orang yang menginspirasi dan memotivasi timnya untuk mencapai lebih.

“Seorang dipilih menjadi manager karena diangkat untuk menduduki posisi tersebut. Tetapi kita akan menjadi seorang leader ketika pribadi, karakter, pengetahuan, dan keterampilan kita dikenali dan diterima oleh mereka yang kita pimpin. Sehingga bawahan kita bukan lagi melakukan apa yang kita minta hanya karena kedudukan, namun karena mereka memiliki respek,” tandasnya.

Menurut John Maxwell dalam bukunya 5 Levels of Leadership, kepemimpinan seseorang terbagi dalam lima level, semakin tinggi level seorang leader maka semakin tinggi pula respek yang diberikan oleh bawahannya. “Figur seorang pemimpin selain menjadi teladan atau panutan, juga harus mampu menggugah semangat dan memberikan dorongan moral dari belakang. Ini layaknya prinsip dari Ki Hajar Dewantara, ing ngarso sung tuladho, ing madya mangun karso, tur wuri handayani,” pungkasnya.

Wakil Rektor I Unika Soegijapranata Dr Marcella Ellwina berharap kegiatan tersebut dapat memberikan motivasi, kepada para dosen dan staff Unika untuk bisa belajar berbagi pengalaman keteladanan, kepemimpinan, dan kiat-kiat untuk mengembangkan bisnis, sekaligus manager dengan kemampuan leadership yang mumpuni. ■

Kategori: