Mahasiswa Unika Terbitkan Buku Game Edukasi
Senin, 29 Februari 2016 | 8:25 WIB

(Dari kiri-kanan): T Brenda, Satrio, Aprillia SEMARANG (KRjogja)- Dua mahasiswa Program Studi Game Technology Unika Soegijapranata Semarang telah merilis buku perdananya yang berjudul “Mudah Membuat Game Edukasi Berbasis Android”. Buku setebal 168 tersebut merupakan hasil kerja bareng Michael Satrio Prayogo dan Aprillia Ratna Christanti dan dosennya Ridwan Sanjaya, dengan pengerjaan dalam waktu 2 bulan saja.

“Kami berfikir saat ini sudah terdapat RPG Maker yang terbaru karena sudah bisa masuk untuk ke platform android. Jika RPG Maker terdahulu hanya terbatas pada Windows saja, maka sekarang kami ingin membahas RPG Maker yang sudah bisa diterapkan dalam android ” jelas Aprillia kepada pers di kampus Unika, Jumat.

Menurut Michael Satrio Prayogo yang akrab disapa Yogo, buku ini ditujukan untuk orang tua maupun tenaga pendidik dalam mengembangkan pola pembelajaran bagi siswa yang masih sekolah dan terkadang siswa cenderung menyukai game. Terbukti saat ini sangat banyak game yang tidak mendidik beredar di masyarakat. Untuk mengatasi hal tersebut, orang tua dan guru bisa berinovasi memberikan metode pembelajaran yang baru bagi anaknya yang tentu saja selain menyenangkan juga menambah edukasi. Selain itu RPG Maker ini cukup mudah digunakan terutama bagi yang belum terlalu menguasai dunia IT karena tidak perlu menggunakan pemrograman.

Selain menerbitkan buku, Yogo dan April memberikan pula edukasi kepada tenaga kependidikan berupa workshop ke beberapa sekolah untuk pelatihan cara membuat game kepada guru-guru.

“Kami sudah datang ke sekolah-sekolah untuk mengedukasi kepada tenaga pendidik bagaimana cara membuat game dengan mudah berbasis pembelajaran. Kami sudah pernah mendatangi SMA Kebon Dalem Semarang untuk mengadakan kegiatan workshop bagi para guru dan terbukti hampir semua guru bisa menggunakannya dengan mudah. Bahkan hasil game yang telah dibuat oleh guru telah diunggah dalam website www.gamebelajar.com “ papar Yogo.

Dengan membuat inovasi berupa Game edukasi, Yogo dan Aprilia berharap para pendidik bisa memanfaatkan teknologi yang ada. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan positif, khususnya dalam pembelajaran bagi para pelajar. Karena saat ini banyak guru yang hanya terpaku pada pembelajaran di depan kelas dan mengerjakan ulangan dengan kertas saja. Diharapkan dengan adanya teknologi dalam pembuatan Game ini, guru bisa memberikan inovasi dengan cara yang berbeda serta mendorong peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar sesuai dengan arahan yang ingin dicapai oleh guru.

Kaprodi Game Technology Unika Soegijapranata Semarang Brenda  T Brenda Chandrawati MT mengapresiasi buku kerja bareng mahasiswa dan dosen Game Technology tersebut. Diharapkan semakin banyak buku tentang game bakalan dibuat para mahasiswa Game Technology Unika Soegijapranata sebagai sarana belajar para mahasiswa maupun masyarakat umum terkait teknologi game. (Sgi)

Tautan : http://krjogja.com

Kategori: