Mahasiswa Unika Terbitkan Buku Game Edukasi
Senin, 29 Februari 2016 | 9:04 WIB

Game techBaru-baru ini Mahasiswa Program Studi Game Technology Unika Soegijapranata telah merilis buku perdananya yang berjudul “Mudah Membuat Game Edukasi Berbasis Android” pada tanggal 22 Februari 2016. Mahasiswa tersebut adalah Michael Satrio Prayogo dan Aprillia ratna Christanti. Hanya dalam waktu 2 bulan saja, buku setebal 168 halaman berhasil mereka buat.

“ Kami berfikir bahwa saat ini sudah terdapat RPG Maker yang terbaru karena sudah bisa masuk untuk ke platform android. Jika RPG Maker terdahulu hanya terbatas pada Windows saja, maka sekarang kami ingin membahas RPG Maker yang sudah bisa diterapkan dalam android ” jelas Aprillia.

Menurut Michael Satrio Prayogo yang akrab disapa Yogo, buku ini ditujukan kepada orang tua maupun tenaga pendidik untuk mengembangkan pola pembelajaran bagi siswa yang masih sekolah dan terkadang siswa cenderung menyukai game, terbukti saat ini sangat banyak game yang tidak mendidik beredar di masyarakat. Untuk mengatasi hal tersebut, orang tua dan guru bisa berinovasi memberikan metode pembelajaran yang baru bagi anaknya yang tentu saja selain menyenangkan juga menambah edukasi. Selain itu RPG Maker ini cukup mudah digunakan terutama bagi yang belum terlalu menguasai dunia IT karena tidak perlu menggunakan pemrograman.

Selain menerbitkan buku, Yogo dan April memberikan pula edukasi kepada tenaga kependidikan berupa workshop ke beberapa sekolah untuk pelatihan cara membuat game kepada guru-guru,

“ Kami sudah datang ke sekolah-sekolah untuk mengedukasi kepada tenaga pendidik bagaimana cara membuat game dengan mudah berbasis pembelajaran. Kami sudah pernah mendatangi SMA Kebon Dalem untuk mengadakan kegiatan workshop bagi para guru dan terbukti, hampir semua guru bisa menggunakannya dengan mudah. Bahkan hasil game yang telah dibuat oleh guru telah diunggah dalam website www.gamebelajar.com “ papar Yogo.

Dengan membuat inovasi berupa Game edukasi, Yogo dan Aprilia berharap supaya para pendidik bisa memanfaatkan teknologi yang ada, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan positif, khususnya dalam pembelajaran bagi para pelajar. Karena pada saat ini guru hanya terpaku pada pembelajaran didepan kelas dan mengerjakan ulangan dengan kertas saja, diharapkan dengan adanya Teknologi dalam pembuatan Game ini, guru bisa memberikan inovasi dengan cara yang berbeda serta mendorong peserta didik untuk terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar sesuai dengan arahan yang ingin dicapai oleh seorang Guru (Ign)

Kategori: ,