Unika Juara Kedua Pada Kompetisi Nasional Pasar Modal (KNPM)
Kamis, 14 Januari 2016 | 17:24 WIB

IMG_2246Gilang Bagaskhara Agesta, mahasiswa Unika Soegijapanata Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) program studi Akuntansi angkatan 2012, memenangkan juara kedua dan mewakili Jawa Tengah dalam Kompetisi Nasional Pasar Modal (KNPM) yang diadakan oleh STIE Kesatuan Bogor tanggal 28-29 Agustus 2015 lalu.

Sebulan sebelum pelaksanaan KNPM dimulai, yakni pada tahap seleksi awal, Gilang (Tim 1) beserta Benu Pandubrata (Tim 2) berhasil mendapat peringkat 16 besar dan langsung menjadi perwakilan Jateng dari semua mahasiswa lingkup kota Semarang.

Hari pertama Kompetisi bertempat di gedung STIE Kesatuan Bogor, dibuka oleh panitia penyelenggara dan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia melalui sebuah seminar pasar modal. Kemudian 16 tim tersebut mengikuti seleksi semifinal yang terbagi menjadi 4 kelas dengan 2 dewan juri (Dosen Perguruan Tinggi dan Praktisi Bursa Efek Indonesia) untuk setiap kelasnya. Setiap tim diberikan waktu 15 menit untuk presentasi dihadapan dewan juri.

Hari Kedua dibuka dengan acara seminar oleh praktisi Bursa Efek Indonesia dan pengumuman finalis Kompetisi Nasional Pasar Modal. Gilang dan Benu berhasil masuk kedalam 5 besar Nasional akan tetapi Benu gugur ditahap 5 besar dan Gilang mendapat peringkat ke-2 di tahap Final. Peringkat pertama diraih oleh Universitas Gunadharma, peringkat kedua adalah Tim 1 Unika Soegijapranata dan diperingkat ketiga ialah tuan rumah pelaksana KNPM yakni STIE Kesatuan Bogor.

KNPM adalah kompetisi rutin yang diselenggarakan setahun sekali di universitas yang berbeda-beda. Unika Soegijapranata pernah menjadi tempat penyelenggaraan KNPM tahun lalu. Dan pada kesempatan itu, Unika Soegijapranata juga mendapatkan peringkat kedua, hanya bedanya waktu itu Unika Soegijapranata diwakili oleh satu team yang terdiri dua mahasiswa.

“Dulu awalnya saya tidak tahu jika ada kompetisi seperti itu, jadi saya hanya masuk kuliah seperti biasa dan mengambil mata kuliah teori investasi pasar modal, disitu saya belajar mengenai teori dan prakteknya. Selanjutnya dalam praktek itu saya diminta oleh dosen pengampu untuk membuat paper (red; lembar rangkuman) mengenai investasi pasar modal dan kemudian  dipresentasikan didepan kelas. Setelah ujian berlangsung ternyata apa yang telah dibahas didalam kelas itu  dibawa beserta papernya di KNPM wilayah Semarang” ujar Gilang yang akan wisuda periode I mendatang dengan IPK 3,3 saat ditemui di ruang BEI gedung Yustinus lantai dasar kemarin.

“Harapan saya nantinya yang mengikuti kompetisi ini bukan hanya fakultas ekonomi saja, karena hal investasi sebetulnya bisa dilakukan oleh semua orang termasuk mahasiswa di fakultas apapun, jadi sebisa mungkin kita rangkul teman-teman yang berada di luar fakultas ekonomi, karena pada dasarnya siapapun boleh berinvest, dan pesan saya kepada adik kelas yang nantinya akan mengikuti KNPM di tahun yang akan datang, supaya mereka benar-benar belajar dan mencari tahu tentang cara berinvestasi dan cara ber treading, dan harapannya mereka tidak hanya suka dengan kompetisi itu tetapi diharapkan juga akan terjun langsung menjadi investor, karena itu harapan dari pemerintah untuk merangkul calon-calon investor agar lebih banyak lagi” tutupnya. (Ajie)

Kategori: ,