Unika-De La Salle University Gelar Workshop
Selasa, 19 Januari 2016 | 7:29 WIB

WR 1 Unika (kanan) saat memberi kenangan pada dosen De La Salle University Das Maringas Filipina saat pembukaan workshop (Foto: sugeng I)SEMARANG (KRjogja .com)-  Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang berkolaborasi dengan De La Salle University Dasmarinas Filipina melakukan workshop bersama tentang "Batik Semarangan" di kampus Unika 18-21 Januari 2016.

Wakil Rektor I (Bidang Akademik) Unika Soegijapranata Semarang Dr Marcela Elwina Simandjuntak SH CN MHum saat membuka acara menyatakan apresiasi kerja bareng mahasiswa dan dosen kedua perguruan tinggi (PT) dalam berkolaborasi workshop dan sejumlah kegiatan lainnya selama 5 hari tersebut.

"Kerjasama  FAD Unika dan De La Salle University Dasmarinas Filipina sudah berlangsung selama beberapa tahun terakhir dan kegiatan workshop bersama dilakukan tiap tahun dengan tempat workshop bergantian. Banyak hasil bisa diperoleh lewat kegiatan ilmiah bersama ini, baik bagi mahasiswa dan dosen kedua perguruan tinggi. Kali ini topik yang diangkat tentang batik yang menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang diakui Unesco sehingga persoalan batik di Indonesia perlu diangkat dan disebarluaskan ke dunia internasional" ujar Dr Marcella, Senin (18/01/2016).

Dekan FAD Unika Soegijapranata Semarang Dra Tyas Susanti PhD dan Kaprodi Magister Arsitektur Unika Dr Ir VG Sri Rejeki MT, IAI menyatakan kerjasama dengan De La Salle Dasmarinas Filipina sudah dilakukan sejak 2013 dengan kegiatan utama workshop. Tahun 2013 diadakan di Unika dengan topik "Eco settlement" mendesain dan membangun sejumlah rumah murah di Kalialang Semarang. Tahun 2014 workshop dilakukan di Filipina dan tahun 2015 (dilaksanakan Januari 2016) dilakukan di Unika.

"Topik workshop kali ini tentang "explore batik Semarang" terkait branding batik di kampung Batik Semarang. Peserta dari Filipina terdiri 2 dosen dan 14 mahasiswa sedangkan dari Unika 17 mahasiswa dan sejumlah dosen. Mereka dibagi sejumlah kelompok yang tiap kelompok ada unsur mahasiswa kedua negara dan mereka selama 2 hari akan melakukan kunjungan ke Batik Semarang di daerah Bubakan, batik di Tembalang dan Meteseh Semarang serta kunjungan ke batik Pekalongan. Setelah itu mereka akan mengadakan workshop dari hasil kunjungan beberapa hari ke tempat-tempat sentra dan kerajinan batik tersebut" ujar Dekan FAD Unika.

Kaprodi Magister Arsitektur Unika Soegijapranata menambahkan, peserta workshop dari unsur mahasiswa diikuti mahasiswa jurusan Arsitektiur dan Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Unika. Rombongan dari Filipina dipimpin dua dosen yaitu Mr Eduardo Ruby dan Mr RosaruoJamandri. (Sgi)

sumber : krjogja.com

Kategori: