SBL 2016 Unika Terapkan Aturan FIBA Murni
Senin, 25 Januari 2016 | 14:47 WIB

IMG_4634Untuk pertama kalinya UKM Basket Unika Soegijapranata menyelenggarakan kegiatan kompetisi Bola basket dengan event Soegijapranata Basketball League (SBL).Kejuaraan bola basket yang diikuti oleh 11 Tim dari 7 sekolah di Kota Semarang yang terdiri dari 7 tim putra dan 4 tim putri ini konsepnya berbeda dari kebanyakan pertandingan basket lainnya.

Menurut ketua Panitia, Emannuel Ivan, yang membuat berbeda adalah pertandingan basket ini menggunakan aturan FIBA murni dan disajikan layaknya pertandingan NBA di luar negeri.

“ Dalam SBL ini kami menggunakan aturan FIBA dengan maksud agar para pemain ketika dihadapkan pada pertandingan di kancah Nasional maupun Internasional sudah tidak canggung lagi dengan peraturan tersebut. Selain itu, untuk peserta sendiri kami mengundang dari sekolah-sekolah yang memiliki prestasi yang menurut kami sangat menonjol” Ungkapnya.

SBL diikuti oleh 7 sekolah yaitu SMA Theresiana 1, SMA Tri Tunggal, SMA Terang Bangsa, SMA Karangturi, SMA Negeri 4 Semarang, SMA Negeri 14 Semarang, dan SMA Kolese Loyola. Dalam penyelenggaraan kegiatan SBL ini, jadwal pertandingan yang terbagi menjadi 3 bagian yakni Season 1 yang dilaksanakan pada tanggal 18-23 Januari 2016, kemudian dilaksanakan lagi pada Season 2 pada 1-3 Februari 2016 dan untuk babak final pada tanggal 17, 19, dan 20 Februari 2016.

“ Kegiatan ini menganut pola permainan three winning side  dimana dari 2 tim yang akan ditandingkan dalam babak final akan diadu dalam 3 kali kesempatan bermain pada tanggal final tersebut. Jika pada tanggal 17 dan 19 Februari terdapat seri dalam permainan, maka sebagai babak penentuan diadakan pada tanggal 20 Februari 2016. Namun ketika pada hari 1 dan 2 tidak terdapat seri maka pemenang sudah dapat ditentukan pada tanggal 19 Februari 2016.” Imbuh Ivan

Lebih lanjut, menurut Wakil Rektor III Unika Soegijapranata, Lita Widyo Hastuti, S.Psi, M.Si, kegiatan perlombaan basket ini dipilih karena beberapa alasan, “Kami menganggap kegiatan ini perlu diadakan karena kami memandang bahwa Unika berkewajiban untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk mengembangkan talentanya terutama di bidang basket. Disamping itu cabang olah raga basket ini berdasarkan pengamatan kami, merupakan cabang olahraga yang sangat digemari oleh anak-anak muda terutama siswa-siswi SMA, sehingga ketika sudah ada fasilitas untuk tempat berlomba dan kesempatan yang baik, maka kita munculkan SBL 2016 ini”

Senada dengan WR III, Pendamping sekaligus Pelatih UKM Basket Unika Soegijapranata, Didik Armanto juga menjelaskan hal serupa.

“ Kami melihat bibit-bibit unggul pemain basket di kota Semarang perlu difasilitasi untuk kegiatan seperti ini. Ketika saya mengamati dunia basket di kota Semarang, sering kali saya lihat, olah raga basket ini tidak digarap secara serius dan tidak ada pembinaan bagi pelatih, wasit maupun pemain basket. Selain itu, kami juga rindu pertandingan basket yang berkualitas sesuai dengan aturan FIBA.” tandas Didik. (Ign)

Kategori: ,