Mahasiswa Unika Riset ke Luar Negeri
Jumat, 8 Januari 2016 | 13:40 WIB

SM 08_01_2016 Mahasiswa Unika Riset ke LN

SEMARANG- Unika Soegijapranata akan memberangkatkan 16 mahasiswa untuk mengikuti program internship (magang) penelitian selama tiga bulan di Thailan, Taiwan, dan Filipina.

Mereka dipilih dari mahasiswa semester enam Program Teknologi Pangan serta Nutrisi Teknologi Kuliner, yang memang memiliki kemampuan lebih. Sebelumnya, bahkan sudah dilakukan seleksi bertahap mencari figur yang tepat .

‘’Mereka nantinya sekaligus menjalani program penelitian tiga bulan ke depan. Tujuannya yakni ke kampus Assumption University (AU) Thailand, Institut of Nutrion Mahidol University (INMU) Thailand, Fu Jen Chatolic University (FJU) Taiwan, dan University of San Carlos (USC) Filipina,’’ tutur Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Kristina Ananingsih di sela-sela memberikan pembekalan untuk mahasiswa kemarin.

Pemberangkatan mahasiswa ke LN juga bagian dari program rutin fakultas itu. Agenda yang berlangsung periodik sejak beberapa tahun lalu itu bentuk realisasi kerja sama dengan empat kampus di LN. Program dijalankan pertengahan bulan ini hingga berakhir pada Maret mendatang.

Pengembangan Produk

Kampus berkeinginan forum ini akan menjadi wahana pengayaan keilmuan mahasiswa mengenai riset di bidang teknologi pangan dan bio teknologi yang dikembangkan kampus tujuan.

Dikatakannya, enam mahasiswa melakukan penelitian bio teknologi dan pangan fungsional di FJU. Sedang empat mahasiswa akan menjalani riset pengembangan produk dan evaluasi sensori di AU Bangkok .

Selebihnya,tiga mahasiswa meneliti topik hidroliza enzimatis di INMU dan tiga lainnya mendalami nutrisi dan teknologi kuliner di USC.

‘’Penelitian dilakukan dengan dukungan fasilitas yang modern di keempat kampus tujuan. Mahasiswa juga akan dibimbing dosen yang kompeten dari masing-masing institusi. Selanjutnya riset yang dijalankan akan bermanfaat menjadi penelitian skripsi setiba di Tanah Air,’’tutur Kristina. Diseminasi hasil riset juga akan dilakukan bersama antar universitas baik dalam penulisan jurnal atau forum ilmiah. (H41-91)

Kategori: