Mahasiswa FTP Unika Joint Research dengan Perguruan Tinggi di 3 Negara
Senin, 11 Januari 2016 | 8:08 WIB

KronikFakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata melepas pemberangkatan 16 mahasiswa FTP Unika ke Luar Negeri yang meliputi : 6 mahasiswa ke Taiwan (Fu Jen University), 4 mahasiswa ke Assumption University Bangkok-Thailand, 3 mahasiswa ke INMU ( Institute of Nutrition Mahidol University) Thailand dan 3 mahasiswa nutrisi dan teknologi kuliner ke University of San Carlos, Cebu – Filipina, pada hari Jumat (8/1), bertempat di ruang seminar FTP, gedung Albertus, Unika Soegijapranata

Mereka adalah mahasiswa semester  6  FTP Unika yang melakukan penelitian dengan topik terkini di universitas tujuan, yang mempunyai kerjasama dengan unika dan sudah dikunjungi sehingga memang memungkinkan untuk diadakan kerjasama penelitian lanjut.

“Jadi perguruan tinggi tersebut mempunyai fasilitas peralatan yang modern, dan kerja sama penelitian ini di dukung oleh profesor di perguruan tinggi tersebut, sehingga disamping topik penelitiannya terkini,  metode penelitian juga terkini,” ungkap Dr. V. Kristina Ananingsih, ST., M.Sc sebagai Dekan FTP Unika Soegijapranata.

Selanjutnya mahasiswa itu akan melakukan penelitian disana, dibimbing oleh Profesor yang ada di sana, dan dosen dari Unika, jadi mereka punya 2 pembimbing.

Para mahasiswa akan berada disana dari bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2016. Kemudian setelah selesai disana selama 3 bulan, mereka akan kembali ke indonesia dan melanjutkan penelitiannya dalam bentuk skripsi, dengan disesuaikan dengan fasilitas peralatan modern yang dimiliki oleh FTP Unika.

Adapun supervisor yang ada disana juga masih mendampingi penelitian mahasiswa yang sudah kembali ke Indonesia, sesuai dengan penguatan bidang penelitian. Selanjutnya para mahasiswa akan mendesiminasikan dalam bentuk seminar atau publikasi jurnal.

Hasil penelitian mereka akan didesiminasikan dalam Seminar Internasional pada tanggal 9 -11 Agustus 2016, yang akan dihadiri oleh para profesor dari perguruan tinggi tempat para mahasiswa itu melakukan penelitian, yaitu sebagai pemberi materi.

Selanjutnya apabila penelitian mahasiswa tersebut belum bisa didesiminasikan pada bulan Agustus maka penelitian mahasiswa tersebut dapat didesiminasikan pada bulan November dalam acara International Student Conference, yang tentunya akan diselenggarakan di Unika Soegijapranata, dengan organizing committee dari para mahasiswa FTP Unika.

“Jadi arah FTP Unika dalam kegiatan ini adalah pada penguatan kegiatan ilmiah dalam bentuk penelitian bersama atau joint research dengan kampus tujuan di Taiwan, Thailand dan Filipina, yang akan memberikan kemanfaatan bagi kita secara teknologi seperti misalnya di Taiwan penguatannya pada bioteknologi, dari Assumption University (Thailand) keunggulannya adalah pengembangan produk, dan pada INMU yaitu functional food, serta untuk San Carlos University keunggulannya pada nutrisi ” pungkas Dr. Kristina. (Fys)

Kategori: