Lomba Membuat Beton Tingkat SMA/SMK digelar di Unika
Sabtu, 30 Januari 2016 | 10:49 WIB

_MG_4755Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil Unika Soegijapranata telah menyelenggarakan lomba membuat beton antar SMA/SMK se kota Semarang yang mulai dilaksanakan hari Jumat (28/1), bertempat di Laboratorium Bahan Bangunan Unika Soegijapranata.

Kegiatan lomba beton ini adalah roadshow pertama dari beberapa rangkaian kegiatan kompetisi lain yang akan digelar dari bulan Januari sampai dengan bualn Juli 2016, diantaranya : Lomba Foto, Lomba Mural, Lomba Jembatan Wafer dan Nonton Bareng (Nobar).

“ Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan bagaimana cara membuat beton yang baik dengan sasaran utama siswa-siswi SMA/SMK. Ada pun misi dari kegiatan ini adalah agar masyakarat mengenali bagaimana beton yang baik dan bagaimana cara pembuatannya” ujar Ir. Yohanes Yuli Mulyanto, M.T., dosen Fakultas Teknik sekaligus penggagas kegiatan ini.

Kegiatan lomba diikuti oleh beberapa tim dari SMA/SMK yang mewakilkan siswanya. Satu tim peserta terdiri dari 3 orang siswa dan 1 orang pendamping. Adapun peserta dari kegiatan ini diantaranya dari SMA Kesatrian 1 yang mengirimkan 1 tim, SMK 3 dan SMK 7 yang masing-masing mengirimkan 2 tim. Dalam kegiatan ini panitia lomba juga sudah menyiapkan semen, pasir dan krikil yang sudah disusun perbandingannya untuk membuat beton. “Kunci utamanya adalah air, bila kurang air atau berlebihan, maka beton akan retak” ungkap Yohanes.

Panitia juga sudah menyiapkan hadiah bagi pemenang lomba berupa uang tunai, yakni juara I Rp 1.500.000,00 , juara II Rp 1.000.000,00 , juara III Rp 500.000,00.

Lomba ini sebenarnya sudah pernah diadakan pada tahun-tahun sebelumnya, kurang lebih sebanyak 4 kali sejak tahun 2013 dan baru pada tahun 2016 ini lomba dikemas dalam bentuk roadshow. “Persiapan untuk lomba ini kurang lebih satu bulan dengan bantuan dosen dan kepala laboratorium,” ungkap Descraredo Henky, ketua panitia lomba tersebut.

“Tidak menutup kemungkinan untuk ke depannya, kami akan adakan pelatihan umum pembuatan beton bagi siswa SMA/SMK” tambahnya.

Penyeleksian lomba beton akan menggunakan alat yang dinamakan compression machine, dan pengumuman hasil lombanya akan diumumkan pada tanggal 12 Februari  yang akan datang. (lic)

Kategori: ,