KKN Unika Siap Hidupkan Desa Wisata
Kamis, 14 Januari 2016 | 12:45 WIB

JTP 14_01_2016 KKN Unika Siap Hidupkan Desa Wisata

SEMARANG – Dalam menjalankan program studi wajib, mahasiswa KKN Unika Soegijapranata tak hanya ditugaskan mengabdi terjun ke masyarakat ikut dalam seremonial kegiatan di desa-desa. Mahasiswa juga dituntut untuk kreatif bisa membina lokasi tempat KKN menjadikan kota wisata.

Sebanyak 67 KKN Unika ke-marin dilepas dan diberangkatkan ke dua kelurahan yang ada di Kota Semarang, yakni Kandri dan Nongkosawit. Seperti diketahui dua kelurahan tersebut kini juga dikenal sebagai kota wisata dan KKN Unika diminta lebih membantu peningkatan dari berbagai sisi UMKM-nya.

"Beberapa program akan disiapkan mahasiswa KKN di antaranya program kebersihan, kerajinan tangan, kesenian, dan beberapa program lainnya. Arahnya kita tetap akan mendukung Desa Kandri dan Nongkosawit menjadi obyek wisata," jelas Ketua LPPM Unika, Prof Andreas Lako di sela pelepasan keberangkatan KKN Unika, kemarin.

Dikatakan, selama tiga minggu mahasiswa KKN akan ditugaskan dan sebenarnya dua Desa Kandri dan Nongkosawit ini sudah sejak 2013 sudah menjadi daerah binaan Unika Soegijapranata. Di antaranya mengembangkan program UMKM. "Di sana memang desa yang menarik dan sering dijadikan topik atau daerah penelitian oleh beberapa dosen Unika," jelasnya.

Prof Lako menambahkan, beberapa pesan bagi para mahasiswa yang berangkat ke lapangan untuk selalu menjaga ketertiban dan nilai-nilai luhur sebagai utusan Unika di masyarakat. Diharapkan para mahasiswa KKN juga memberi kesan baik di  masyarakat. (gus/mar)

Kategori: